بِسْــــــــــــــــــمِ اﷲِالرَّحْمَنِ اارَّحِيم Rochmany's Blog: Kunjungi Taj Mahal, Miss Universe Dicekal
Go Green

Clock Link

Thursday, October 10, 2013

Kunjungi Taj Mahal, Miss Universe Dicekal


TEMPO.CO, Agra – Rangkaian tur 10 hari di India yang seharusnya menyenangkan justru menuai kecaman bagi Miss Universe 2012, Olivia Culpo. Pemenang kontes kecantikan bergengsi ini harus berurusan dengan The Archeological Survey of India.

Dilaporkan laman Hindustan Times, Senin 7 Oktober 2013, lembaga ini akan mengajukan keluhan kepada Olivia atas tindakannya yang dianggap mengotori kesucian Taj Mahal, bangunan paling terkenal di India.

Pada kunjungannya itu, ia melakukan pemotretan untuk sebuah iklan sepatu hak tinggi. Padahal sudah ada hukum tentang pelarangan komersialisasi Taj Mahal, termasuk untuk melakukan pengambilan gambar iklan sepatu.

Kunjungan Olivia ke Taj Mahal terjadi pada hari Minggu (6/10) malam. Seperti gaya ala Miss Universe pada umumnya Olivia berkeliling sembari bertanya mengenai sejarah Taj Mahal. Tak lupa ia menunjukkan ketertarikannya pada bangunan yang merupakan simbol cinta Kaisar Mughal Shah Jahan terhadap istrinya.

Namun ketika mencapai sebuah tempat yang dikenal dengan nama Kursi Diana, kru tur Olivia mulai mengeluarkan begitu banyak sepatu berhak tinggi dari dalam tas. Di sinilah Olivia mulai melakukan pemotretan untuk iklan sepatu itu. Pemotretan dilakukan dengan berlatar bangunan indah Taj Mahal. Tentu saja hal ini sesungguhnya tidak diizinkan.

Anehnya pihak polisi pariwisata yang mendampingi tur itu diam saja seakan tak peduli. The Archeological Survey of India menduga ada permainan tak sehat di balik insiden ini. Siapa pun, apalagi polisi pariwisata, tahu bahwa pemotretan seperti ini dilarang.
 
"Kami sedang mengumpulkan informasi dari polisi pariwisata tentang siapa yang mengelola dan bertanggung jawab atas kunjungan ini. Kami akan mengajukan gugatan jika memang terjadi pembiaran,” ujar juru bicara lembaga arkeolog ini.
 
Namun sumber di kantor polisi kantor pariwisata mengklaim bahwa polisi hanya memberikan keamanan kepada pengunjung. Mereka tidak memiliki wewenang untuk mengingatkan Olivia mengenai larangan komersialisasi Taj Mahal.

No comments:

Post a Comment