بِسْــــــــــــــــــمِ اﷲِالرَّحْمَنِ اارَّحِيم Rochmany's Blog: Ilmuwan: Ternyata Pria dan Wanita Suka Lihat Payudara
Go Green

Clock Link

Wednesday, October 30, 2013

Ilmuwan: Ternyata Pria dan Wanita Suka Lihat Payudara


DREAMERSRADIO.COM - Mungkin sudah menjadi hukum alam kalau manusia sejak baru lahir melihat dan mencari bagian payudara wanita. Sehingga sebuah studi terbaru menyimpulkan ternyata yang suka melihat payudara itu bukan saja pria, tetapi kaum wanita juga suka melihat bagian tubuh tersebut.

Pada studi sebelumnya, bagian tubuh pertama yang dilihat pria ketika bertemu atau berinteraksi dengan wanita adalah payudara. Tapi studi terbaru ini mengungkapkan ternyata bukan hanya pria yang suka melihat bagian tubuh tersebut, sesama wanita pun suka melihat hal tersebut.

Temuan dari Universiry of Nebraska-Lincoln yang diterbitkan dalam jurnal Sex Roles, dengan menggunakan teknologi pelacak gerakan mata, maka dua ilmuwan psikoloh Sarah Gervais dan Michael Dodd menemukan diantara 29 wanita dan 36 pria muda yang berpartisipasi dalam studi ini terlihat bahwa wanita ternyata melakukan hal serupa dengan pria, yaitu memberikan tatapan intens pada payudara wanita lainnya.

Dalam penelitian partisipan diperlihatkan tiga foto daroi 10 wanita yang dijadikan subyek. Foto perama tanpa di edit, foto kedua dimanipulasi agar wanita didalamnya terlihat seksi dengan memperbesar pada bagian-bagian tertentu, dan foto ketiga terlihat wanita yang tak terlalu seksi.

Kemudian, partisipan diminta menilai karakteristik atau penampilan wanita-wanita yang ada di dalam foto tersebut. Perangkat pelacak getaran mata juga akan menghitung seberapa lama mata partisipan terpaku pada titik tertentu dalam hitungan hingga per millisecond.

Namun ketika peneliti meminta partisipan hanya terfokus pada penampilan subyek, mata partisipan pria maupun wanita sama-sama terpaku pada bagian-bagian tubuh yang diperbesar, terutama di pinggang dan dadanya. Bahkan mereka terbukti menghabiskan lebih banyak waktu untuk mengamati bagian-bagian tubuh tersebut ketimbang wajah si subyek.

Dari sini peneliti menyimpulkan hampir semua partisipan menghabiskan waktu paling lama untuk melihat subyek dengan payudara yang lebih seksi, pinggang kecil, serta pinggul yang lebih besar.

“Memang ada perbedaan pola antara pria dan wanita ketika melihat tubuh seseorang, tapi ketika kami mengamati seberapa lama partisipan terfokus pada masing-masing bagian tubuh, kami menemukan efek yang sama persis di antara keduanya,” tutur Gervais seperti dilansir CBS News

“Tapi kami menduga wanita kerap melakukannya dengan tujuan membandingkan saja. Sedangkan pria bisa saja melakukannya karena alasan evolusi berupa kecenderungan untuk lebih tertarik pada lawan jenis yang mempunyai lekuk tubuh, menyiratkan kemampuan melahirkan anak yang lebih baik (daripada wanita tanpa lekuk tubuh),” terangnya.

Tetapi walaupun sama-sama suka melihat payudara, peneliti menekankan kalau penilaian pria dan wanita terhadap subyek sangat berbeda. Karena pria memandang wanita yang lebih montok atau tubuhnya lebih seksi mempunyai kepribadian yang lebih positif, lain halnya dengan partisipan wanita.

No comments:

Post a Comment