بِسْــــــــــــــــــمِ اﷲِالرَّحْمَنِ اارَّحِيم Rochmany's Blog: Setiap Jam, Pria Ini Rugi Rp 19,5 Miliar
Go Green

Clock Link

Thursday, August 22, 2013

Setiap Jam, Pria Ini Rugi Rp 19,5 Miliar


PLASADANA.COM - Penguatan yang terjadi pada dolar AA menekan mata Asia, termasuk rupee India. Akibatnya, orang terkaya di negeri itu menderita kerugian sekitar Rp 19,5 miliar per jam.

Mukesh Ambani adalah orang terkaya itu. Dia merupakan pemilik Reliance Industries Ltd., kompleks pengolahan minyak terbesar di dunia.

Seperti dilansir Bloomberg, sejak 1 Mei, akibat melemahnya rupee, dia mengalami kerugian kurs sebesar US$ 5,6 miliar. Dalam rupiah, lebih dari Rp 56 triliun atau menjadi sekitar Rp 467 miliar per hari yang setara Rp 19,5 miliar per jam.

Saat ini, rupee India merupakan mata uang paling merana di dunia ketika berhadapan dengan dolar. Itu terjadi lantaran investor asing hengkang dari negara tersebut, dengan menjual aset-aset keuangannya seperti saham maupun surat utang.

Perilaku investor asing itu didorong oleh kebijakan Federal Reserve, bank sentral Amerika, yang ingin menurunkan besaran stimulus moneter. Selama ini, bank sentral mengguyur dolar dengan membeli surat utang sebesar US$ 85 miliar per hari.

Ambani termasuk yang terkena dampak dari kebijakan ini. Hartanya yang saat ini berjumlah US$ 17,5 miliar, tergerus 24 persen. Menurut catatan Bloomberg, ini merupakan rekor penurunan kekayaan paling buruk yang terjadi.

No comments:

Post a Comment