بِسْــــــــــــــــــمِ اﷲِالرَّحْمَنِ اارَّحِيم Rochmany's Blog: Mengenal "Ōendan", Cheerleader Cowok ala Jepang
Go Green

Clock Link

Friday, August 23, 2013

Mengenal "Ōendan", Cheerleader Cowok ala Jepang


Ōendan(Ouendan). secara harfiah berarti “skuad bersorak” atau “ seksi bersorak”, pada umumnya konsep Ōendan hampir sama dengan cheerleader yang telah ada. Tapi pada Ōendan, sorakan tidak sekedar hanya gerakan, tapi juga berupa suara. Ōendan biasanya di dukung dengan bantuan drum taiko, tiupan terompet, lambaian bendera, spanduk dan berteriak menggunakan megafon plastik. Hal ini dilakukan untuk mendukung tim olahraga dari sekolah tersebut. Ōendan juga biasanya di padukan dengan sorakan dari tim cheerleader (pom-pom girl).

Suporter yang di pimpin oleh seorang kapten Ōendan


Ōendan tidak hanya digunakan untuk mendukung dan member semangat tim kesayangan mereka sendiri, tetapi juga untuk memimpin para suporter untuk menggoda, mengejek, melemahkan mental dari tim musuh juga beserta para suporternya. Ōendan dalam jumlah kecil kadang-kadang disebut ōenbu atau “klub bersorak”.


Ōendan dan Cheerleader: 



Di Jepang, Ōendan atau ōenbu dapat ditemukan di sekolah SMA, perguruan tinggi dan universitas, serta dalam kegiatan non-akademis seperti klub antar olahraga, klub penggemar olahraga profesional, dan sebagainya. Banyak sekolah menyelenggarakan kompetisi Ōendan pada hari olahraga “sports day event”


Tim Ōendan: 


tim Ōendan SMA


Ōendan biasanya tampil mengenakan seragam hitam (berdasarkan seragam sekolah Jepang Gaku-ran) dengan ban lengan berwarna merah atau warna lainnya.


Seragam Ōendan :




No comments:

Post a Comment