بِسْــــــــــــــــــمِ اﷲِالرَّحْمَنِ اارَّحِيم Rochmany's Blog: Lukisan Bocah Ini Laku Rp 30 Miliar
Go Green

Clock Link

Tuesday, July 23, 2013

Lukisan Bocah Ini Laku Rp 30 Miliar


PLASADANA.COM - Jangan anggap sepele karya seni anak kecil. Sebab, siapa tahu dia menyimpan bakat sekelas seniman dewasa dan karyanya bisa laris terjual dengan harga mahal.

Seperti yang terjadi di Norfolk Inggris timur, dimana lukisan karya seorang bocah berusia 10 tahun laris dijual seharga £ 2 juta atau hampir Rp 30 miliar. BBC mengabarkan, bocah ajaib itu bernama Kieron Williamson.

Dengan pencapaian ini, Williamson mendapat julukan baru yakni Monet Mini. Artinya karyanya disamakan dengan lukisan Claude Monet, pelukis impresionis jenius asal Prancis yang hidup di akhir abad 19.

Nilai £ 2 juta adalah akumulasi dari penjualan puluhan karya Williamson. Dalam pameran terakhir di kawasan Holt pada pekan ketiga Juli 2013, Williamson berhasil menjual 30 lukisan senilai £ 450 ribu. Dari jumlah itu, 23 di antaranya laku dalam waktu 20 menit setelah pameran dibuka dengan total penjualan £ 242.095.

Williamson pertama kali melukis pada usia lima tahun. Pertama kali melukis, Williamson tengah berlibur bersama keluarganya ke kawasan wisarta Cornwall, Inggris barat daya. Di daerah itu dia melihat insipirasi pertama yang menakjubkan dan lantas memaksa orangtuanya untuk membeli peralatan lukis. Hasilnya luar biasa dan pencapaiannya yang menakjubkan terjadi hingga saat ini.

Pameran pertama Williamson berlangsung pada 2010, ketika masih berusia tujuh tahun. Saat itu, lukisannya laku dalam hitungan menit senilai £ 150 ribu. Ibu Kieron, Michelle Williamson, mengatakan lukisan anaknya kini bahkan dilihat sebagai investasi oleh para kolektor seni.

"Sebelumnya orang cukup senang dengan mendapatkan satu karyanya, namun sekarang para kolektor membeli sejumlah lukisannya karena menyimpan nilai investasi," kata dia dengan bangga.

Sejak pertama kali melukis, Willaimson sudah mengadopsi gaya impresionisme. Impresionisme adalah aliran pelukis yang berusaha menampilkan kesan-kesan pencahayaan yang kuat, dengan penekanan pada tampilan warna.

Karakteristik utama lukisan impresionisme adalah kuatnya goresan kuas, warna-warna cerah, komposisi terbuka, dan penekanan pada kualitas pencahayaan. Itulah sebabnya Williamson dijuluki Monet Mini.

Hebatnya, karya Williamson tak cuma dibeli kolektor biasa. Keluarga kerajaan Inggris bahkan ikut mengumpulkan lukisan Williamson dan menjadikannya bagian dari koleksi berharga Istana. Adrian Hill, kurator dari Picturecraft Gallery -tempat Kieron berpameran- mengatakan pelukis muda itu memiliki bakat yang luar biasa dan tidak ada saingannya.

Menurut Hill, Kieron memiliki kemampuan untuk mengikuti jejak pelukis-pelukis besar dunia. Dia membandingkan Williamson dengan Pablo Picasso yang menggelar pameran pertama saat berusia 9 tahun dan pelukis era Renaissance Italia, Giotto, yang berkarya pada usia 11 tahun.

"Mereka memiliki bakat alami, bisa mencampur warna, serta memiliki kemampuan untuk menggambar perspektif dan proporsi," ujarnya.

No comments:

Post a Comment