بِسْــــــــــــــــــمِ اﷲِالرَّحْمَنِ اارَّحِيم Rochmany's Blog: Bernyanyi Tingkatkan Kemampuan Seseorang Kuasai Bahasa Asing
Go Green

Clock Link

Tuesday, July 23, 2013

Bernyanyi Tingkatkan Kemampuan Seseorang Kuasai Bahasa Asing


Dalam penelitian terdahulu yang dilakukan oleh Harvard University disebutkan bahwa bernyanyi memiliki manfaat kesehatan bagi paru-paru dan jantung, sekaligus mengurangi tidur mendengkur.

Baru-baru ini, hasil studi kembali menemukan manfaat unik lain dari bernyanyi, yaitu membantu seseorang lebih cepat belajar bahasa asing.

Tim peneliti dariReid School of Music Universitymemaparkan bahwa orang dewasa yang menyanyikan kata-kata atau frasa singkat dari bahasa asing, memiliki kemampuan dua kali lebih lancar mengucapkan bahasa asing.

Dikutip dari telegraph, Dr. Katie Overy selaku pimpinan penelitian menyatakan, “Kebanyakan orang memiliki pengalaman mengingat kata-kata dari lagu yang telah mereka dengar. Bahkan, lagu juga kadang-kadang digunakan oleh guru bahasa untuk mengajari anak kecil belajar.”

Studi ini dilakukan pada 20 orang dewasa. Mereka diminta mengikuti pembelajaran Bahasa Hungaria selama 15-20 melalui rekaman sebuah lagu. Kemudian para partisipan diminta untuk mengulangi kata-kata yang diperdengarkan dalam rekaman tersebut.

Hasilnya, lebih dari 60 persen partisipan dapat mengingat sekaligus mengucapkan kata-kata tersebut dengan benar. Penelitian ini telah dipublikasikan dalam jurnalMemory and Cognition.

Well, setidaknya penelitian ini menunjukkan bahwa masih ada cara yang menyenangkan untuk belajar menguasai bahasa asing. (dan)

duniafitnes.com

No comments:

Post a Comment