بِسْــــــــــــــــــمِ اﷲِالرَّحْمَنِ اارَّحِيم Rochmany's Blog: Fenomena Awan Mirip Payudara di Langit Michigan
Go Green

Clock Link

Wednesday, July 24, 2013

Fenomena Awan Mirip Payudara di Langit Michigan


TEMPO.CO, Michigan - Fenomena awan berbentuk aneh melanda Kota Michigan, Senin malam waktu setempat, 22 Juli 2013. Warga sampai panik sekaligus mempertanyakan apa penyebab fenomena ini. Mereka takut awan berbentuk bulat ini menjadi penanda cuaca buruk di kemudian hari.

"Ini adalah hal paling gila yang pernah saya saksikan di atas kepalaku,” kata Jason Asselin, seorang warga yang juga melihat kejadian ini. Seperti yang dilaporkan Dailymail, awan berwarna biru-oranye ini membentang di atas Iron Mountain pada pukul 08.00 malam waktu setempat. Warga yang melihat fenomena ini pun langsung mengunggah gambar awan tersebut ke media sosial. Mereka berharap menemukan jawaban atas penyebab fenomena tersebut.

Ahli meteorologi, Jeff Last, akhirnya dapat mengungkapkan misteri yang ramai diperbincangkan warga Michigan di Twitter ini. Jeff mengungkapkan, fenomena alam yang indah dipandang mata ini disebut Mammatus atau Mammatocumulus. Nama Mammatus berasal dari bahasa Latin yang artinya payudara, mengarah pada bentuk karakteristik awan yang terkadang mirip payudara.

Mammatus akan tampak bergumpal-gumpal dan mungkin buram atau tembus cahaya. Mammatus juga dapat menyebar ratusan kilometer dengan diameter satu hingga tiga kilometer dan panjang rata-rata 0,5 kilometer. Jangka waktunya dari 15 menit hingga beberapa jam. Fenomena ini terjadi akibat cuaca ekstrem yang sering dikaitkan dengan hujan badai yang disertai petir dan angin ribut.

No comments:

Post a Comment