بِسْــــــــــــــــــمِ اﷲِالرَّحْمَنِ اارَّحِيم Rochmany's Blog: 10 Tackling Paling Berbahaya di Sepakbola
Go Green

Clock Link

Wednesday, April 17, 2013

10 Tackling Paling Berbahaya di Sepakbola



Tackling merupakan ketrampilan individu yang dibutuhkan dalam bermain sepak bola.

Skill bertahan untuk merebut bola ini mungkin tidak seindah tendangan voli, tapi di momen yang pas, tackling banyak digemari penonton.

Meski begitu, tackling kadang-kadang bisa sangat berbahaya, seperti 10 insiden berikut ini:

1.Kiper AS Vilaret ke Pemain S.O.M


Tackle yang dilakukan oleh kiper AS Vilaret di sebuah pertandingan U17 di Prancis ini sangat membuat ngeri penonton.

Saat berusaha mempertahankan bola, penjaga gawang itu melakukan tendangan yang sangat keras tepat ke area perut lawan. Pemain S.O.M yang menerima tendangan itu pun langsung terjatuh.

Para pemain lain dan penonton terdengar berteriak kaget menyaksikan insiden tersebut.


2 . Axel Witsel ke Marcin Wasilewski


Gelandang Belgia, Axel Witsel dengan keras menendang pergelangan kaki Marcin Wasilewski saat membela klub Standard Liege melawan Anderlecht dalam video beikut.

Hal ini memicu kemarahan tim lawan yang lantas membombardir wasit.

Meski awalnya bersikeras dirinya tak bersalah, Witsel akhirnya diskors enam pertandingan oleh Federasi Sepakbola Belgia.

Ia bahkan harus menerima ancaman pembunuhan dari pendukung Anderlecht.


3 . Ben Thatcher ke Pedro Mendes


Kalau korban sampai tak sadarkan diri ketika dilarikan ke rumah sakit, bisa dipastikan tackle yang menimpanya sangatlah brutal.

Itulah yang terjadi pada Pedro Mendes setelah bek Manchester City, Ben Thatcher menyikutnya dan membuat gelandang Portsmouth itu terpental ke pinggir lapangan.

Anehnya, wasit Dermot Gallagher hanya mengkartu kuning Thatcher dan mengijinkannya untuk melanjutkan pertandingan, sementara Mendes dilarikan ke rumah sakit.


4 . Harold Schumacher ke Patrick Battiston


Meski sangat brutal, apa yang terjadi pada Pedro Mendes tidaklah seburuk yang dialami Patrick Battiston.

Pemain asal Prancis ini mengalami koma karena tackle keras dari kiper Harold Schumacher.

Ketika mengejar bola yang hampir ke gawang lawan, Battiston dihadang Schumacher yang langsung mengenai bagian kepala.

Battiston harus kehilangan gigi, tulang belakangnya rusak, dan mengalami koma. Rekan setimnya, Michel Platini bahkan mengira ia sudah mati.

Anehnya lagi, sang wasit mengijinkan Schumacher untuk tetap bermain tanpa hukuman apapun.

Beruntung, Battiston akhirnya pulih dan tetap bisa melanjutkan karir sepakbolanya.


5 . Roy Keane ke Alf-Inge Haaland


Insiden yang terjadi tahun 2001 ini kini identik dengan Roy Keane dan salah satu tackle paling parah di sejarah sepakbola.

Dalam buku autobiografinya, Keane mengaku ia memang sudah merencanakan tackle tersebut, sebagai bentuk balas dendam kepada Alf-Inge Haaland.

Empat tahun sebelumnya kedua pemain itu memang bertemu dalam sebuah pertandingan, dimana Haaland mengkritik Keane yang terkapar kesakitan setelah mereka bertabrakan.


6 . Benjamin Massing ke Claudio Caniggia


Pelanggaran ini bisa jadi merupakan hal yang menjadikan Benjamin Massing terkenal. Karena tacklenya, Kamerun menang 1-0 atas Argentina pada laga pembuka Piala Dunia 1990.

Saat Argentina berusaha menyamakan kedudukan, striker Claudio Caniggia berkali-kali melakukan tackle. Kesal dengan kelicikan Claudio, Massing lantas menghentikannya dengan tacklenya sendiri.

Wasitpun tak punya pilihan selain mengusirnya dari lapangan.


7 . Kevin Muscat ke Adrian Zahra


Fullback asal Australia, Kevin Muscat sering menjadi headline media karena tackle-tacklenya yang cenderung mencederai lawan. Tapi yang satu ini mungkin yang terparah.

Ketika bermain untuk Melbourne Victory, Muscat membuat pemain Melbourne Heart, Adrian Zahra, terjungkal dan membutuhkan perawatan medis.

Wasitpun tak ragu untuk segera mengeluarkan kartu merah.


8 . Graeme Souness ke pemain Steaua


Ini hanya salah satu dari tackle parah yang dilakukan juara Piala Eropa ini selama membela Rangers.

Meskipun dalam tayangan TV terlihat jelas niatnya melakukan tackle, wasit tidak menghukum Souness. Tapi tackle tersebut tidak luput dari perhatian komentator legendaris Archie MacPherson yang menyebutnya jelas merupakan pelanggaran.n pelanggaran.


9 . Paul Gascoigne ke Gary Charles


Yang ironis dari tackle Gazza pada Gary Charles selama final Piala FA 1991 adalah tackle tersebut malah mengakibatkan cedera yang sangat parah pada Gascoigne sendiri.

Sementara Charles tertatih-tatih ketika mencoba berjalan, Gazza malah mengalami keretakan pada ligamennya akibat tackle yang dilakukannya.


10 . Boris Johnson ke Maurizio Guadino


Boris Johnson, politisi Inggris yang terpilih menjadi Walikota London sejak tahun 2008, turut membela negaranya saat melawan Jerman di sebuah pertandingan amal tahun 2006. Namun Johnson menjadi penyebab kekalahan 4-2 timnya setelah menyeruduk Maurizio Guadino.


http://www.dewibola.com/

No comments:

Post a Comment