بِسْــــــــــــــــــمِ اﷲِالرَّحْمَنِ اارَّحِيم Rochmany's Blog: Rumah Tertelan Sinkhole di Florida Dihancurkan
Go Green

Clock Link

Monday, March 4, 2013

Rumah Tertelan Sinkhole di Florida Dihancurkan

Liputan6.com


Florida : Rumah yang ada di atas lubang runtuhan besar (sinkhole) yang tiba-tiba muncul di bawah tempat tidur Jeff Bush di Florida, Amerika Serikat pada Sabtu (2/3) akhirnya dievakuasi dengan cara dirobohkan. Petugas pun mulai menjalankan alat beratnya pada Minggu pagi waktu setempat, dan sebagian bangunan rumah itu telah dihancurkan.

Seperti dikutip dari New York Times dari pihak berwenang Hillsborough County, Mike Merrill, Minggu (3/3/2013), pihaknya mengatakan akan berusaha untuk tak menghancurkan bangunan tertelan sinkhole itu. Mereka akan berusaha untuk memindahkan bangunan itu ke tepi jalan, agar barang-barang di dalamnya masih bisa diselamatkan.

"Kami tidak tahu kemungkinannya, pada kenyataannya nanti, apakah itu akan runtuh atau terus berada di atas tanah," katanya.

Mike Merrill juga menjelaskan, proses evakuasi rumah itu akan diselesaikan pada Minggu agar pada Senin 4 Maret puing-puingnya bisa dibersihkan. Lalu pihak berwenang bisa melakukan penanganan lebih lanjut terhadap lubang mengerikan itu, dengan mendatangkan para ahli dan insinyur terkait.

Sebelum pembongkaran dimulai, adik Jeff Bush, Jeremy dikawal oleh deputi sheriff setempat menuju dekat tempat tinggalnya yang tertelan sinkhole. Jeremy pun lalu berlutut dan meletakkan bunga di tanah, dan menundukkan kepalanya selama beberapa menit sebelum bangun dan pindah ke belakang garis polisi.

Senada dengan Jeremy, orang-orang pun berkumpul di kursi taman yang tak jauh dari lokasi evakuasi rumah di atas lubang sinkhole itu. Meski harus melawan dingin, mereka rela menyaksikan momen itu dengan dengan ditutupi selimut. Begitu pula dengan para pejabat dan wartawan.

Risiko terbentuknya sinkhole sejatinya jamak terjadi di Florida, akibat batuan dasar di bawah tanah yang berongga dan rentan. Demikian disampaikan Departemen Perlindungan Lingkungan setempat.

Saat air hujan menyusup ke dalam tanah, ia akan melarutkan batuan dan memicu erosi -- yang bisa berujung pada runtuhnya gua-gua di bawah tanah. Saat gua-gua itu runtuh, maka terciptalah lubang di permukaan tanah.

Jeff Bush yang saat itu sedang berada di dalam kamar tertelan sinkhole mengerikan. Hanya teriakan minta tolongnya yang sempat terdengar oleh sang adik Jeremy Bush, setelah itu ia menghilang dalam lubang.

Petugas layanan darurat yang menengok lubang itu, dan tak menemukan ada tanda-tanda kehidupan. Korban dikhawatirkan tewas. (Tnt)

No comments:

Post a Comment