بِسْــــــــــــــــــمِ اﷲِالرَّحْمَنِ اارَّحِيم Rochmany's Blog: Arsenal, Jerapah dan Admiral Adalah Bahasa Arab
Go Green

Clock Link

Wednesday, March 27, 2013

Arsenal, Jerapah dan Admiral Adalah Bahasa Arab

MuslimDaily.net - Apakah Jerapah dan Alkohol memiliki kesamaan? Tidak, kesamaan keduanya adalah berasal dari bahasa Arab. Kedua kata tadi merupakan warisan besar bahasa dan pengetahuan yang telah diserap Eropa dari orang Arab selama berabad-abad lampau.

Mari kita simak beberapa kata yang berasal dari bahasa Arab dan sekarang digunakan dalam bahasa Inggris.


ARSENAL


Arsenal yang dalam kamus Inggris artinya adalah 'Gudang Senjata'. Kata Arsenal didasarkan pada Dar Al Sina'a yang berarti 'Gudang Produksi'. Kata ini pertama kali digunakan dalam bahasa Inggris pada abad ke 15, yang menggambarkan sebuah dermaga untuk memperbaiki kapal (bengkel). Bahasa Italia masih menggunakan kalimat itu untuk arti sebenarnya (bengkel kapal) dengan penyebutan Darsana.


ALJABAR


Aljabar berasal dari kata Al Jabr, yang berarti memulihkan bagian yang rusak. Kata ini mulai dipakai sebagai bagian dari matematika dalam "Al-Kitab al-mukhta'ar fī'isāb al-jabr wa al-Muqabala, pada abad ke-9 oleh ahli matematika Al Khawarizmi.


JERAPAH


Jerapah atau dalam bahasa Inggris Giraffe disebutkan oleh ahli bahasa Arab Al Jawahiri sebagai Al Zarafa, yang lebih singkat diartikan sebagai "sejenis makhluk". Kemudian para ahli biologi menghubungkan nama Al Zarafa dengan binatang berleher panjang dari Afrika yang kita kenal sekarang dengan Jerapah.


ADMIRAL


Admiral atau dalam bahasa Indonesia berarti Laksamana, berasal dari Amir Al Bihar, yang artinya Panglima Laut, yang merupakan gelar pertama yang digunakan di Norman Sisilia. Huruf "D" ditambahkan Kerajaan Inggris, oleh pejabat pengadilan yang tidak tahu tentang bahasa Arab. Sementara orang Perancis masih menggunakan kata Amiral. [Zak/Francis M/ GN]


http://www.muslimdaily.net/artikel/santai/arsenal-jerapah-dan-admiral-adalah-bahasa-arab.html

No comments:

Post a Comment