بِسْــــــــــــــــــمِ اﷲِالرَّحْمَنِ اارَّحِيم Rochmany's Blog: Muntahan Paus Untuk Parfum
Go Green

Clock Link

Monday, August 13, 2012

Muntahan Paus Untuk Parfum

sumber: http://www.inioke.com/Berita/1056-Tahukah-Kamu-Kalau-Muntahan-Ikan-Paus-Digunakan-Untuk-Parfum-.html#.UCC8AyzzCBs



Sperma ikan paus menghasilkan sebuah zat yang sangat licin yang melindungi lapisan perut mereka, nama zat itu adalahambergris. Pada saat ambergris ini dimuntahkan ke laut, zat ini bereaksi terhadap air garam dan menghasilkan sebuah zat baru yang kalau dijual nilainya mencapai $10.000 per kilogramnya.

Karena zat muntahan ikan paus ini lumayan langka maka banyak perusahaan-perusahaan yang berani membayar mahal untuk setiap kilogramnya. Hal ini memicu perburuan ikan paus ilegal yang apabila diteruskan dapat berdampak pada punahnya sejumlah populasi ikan paus.

Dikutip dari Ubergizmo, Selasa (10/04/2012), kini seorang ilmuwan dari University of British Columbia telah berhasil menemukan sebuah zat baru yang dapat menggantikan ambergris dan harganya relatif lebih murah. Zat baru ini ditemukan dalam tumbuhan sage dan pohon cemara, efeknya tidak jauh berbeda dengan ambergris pada parfum.

Zat yang bernama cis-abienol ini sebelumnya sudah pernah ditemukan namun meotde ektraksi zat ini sangat sulit dan belum diketahui cara ampuh untuk mengambilnya. Namun Profesor Joerg Bohlmann yang melakukan penelitian ini berhasil menemukan metode tepat dalam mengambil cis-abienol dari pohon cemara.

Profesor Bohlmann meyakinkan metode produksinya ini lebih hemat biaya dan lebih tahan lama dibandingkan muntahan ikan paus. Dan lagi metodenya ini dapat diterapkan segera untuk pemesanan secara massal dibandingkan membeli abergris yang sangat mahal. Mungkin kedepannya kita akan melihat botol parfum berlabel 'Bebas Muntahan Paus'. (*)

No comments:

Post a Comment