بِسْــــــــــــــــــمِ اﷲِالرَّحْمَنِ اارَّحِيم Rochmany's Blog: Kebakaran UPS DataCenter IDC Duren Tiga Jakarta, Lumpuhkan Portal Berita
Go Green

Clock Link

Monday, August 13, 2012

Kebakaran UPS DataCenter IDC Duren Tiga Jakarta, Lumpuhkan Portal Berita

sumber: http://www.poztmo.com/2012/08/kebakaran-ups-datacenter-idc-duren-tiga.html

JAKARTA, RIMANEWS-Sejumlah situs berita mengalami kelumpuhan sekitar pukul 23.00 WIB, Minggu, akibat kebakaran yang terjadi di Indonesia Data Centre (IDC) Duren Tiga, Jakarta Selatan.

Berdasarkan pantauan, beberapa situs berita "online" seperti detik..com, okezone.com, sindonews.com, kapanlagi.com, vemale.com, blogdetik..com, idblognetwork.com, dan mytrans.com tidak dapat diakses hingga pukul 24.00 WIB akibat terbakarnya perangkat "uninterruptible power supply" (UPS).

Menurut informasi, kebakaran IDC Duren Tiga terjadi akibat ledakan UPS di lantai 2 yang membuat jaringan IIX lewat OPENIXP, server dan hosting serta ISP yang berlokasi di tempat tersebut menjadi "offline" dan tidak bisa diakses di seluruh Indonesia.

Atas pertimbangan keamanan, beberapa "server" yang berada di pusat data tersebut dimatikan untuk sementara waktu.

Namun demikian, beberapa laman berita tidak terkena imbas kebakaran dan masih bisa diakses antara lain antaranews.com, kompas.com, viva.co.id, dan metrotvnews.com, karena memang tidak memiliki "hosting" di IDC Duren Tiga.

Sementara itu, Pustekkom Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan mengumumkan laman kemdikbud.go.id terkena imbas kebakaran tersebut.

Pustekkom Kemdikbud dalam akun twitter-nya menjelaskan bahwa pada pukul 10.30 WIB, kebakaran di IDC sudah padam, sementara perkabelan dan ruang data center Kemdikbud dalam kondisi aman.

"Listrik belum dapat dinyalakan karena masih dicek kondisi perkabelannya di ruang listrik (lantai 1) yang terdampak kebakaran oleh tim IDC. Namun, diperkirakan pukul 24.00 WIB akan normal," sebut Pustekkom Kemdikbud dalam akun twitter-nya.

Namun, hingga berita ini diturunkan beberapa laman yang dilaporkan "down" tersebut masih belum dapat diakses.[


Kebakaran UPS DataCenter IDC Duren Tiga Jakarta 



Kabar mengejutkan terjadi beberapa waktu lalu, dimana sebagian jaringan internet yang di host di IIX offline. Hal ini terjadi karena adanya kebakaran UPS di datacenter IDC - Duren Tiga Jakarta. Hal ini tentu saja berimbas kepada seluruh server yang berada disana dan juga ISP yang memiliki router utama disana.

Bisa dilihat pada pukul 21:00 WIB 12 Agustus 2012, situs-situs besar seperti detik com, kapanlagi, vemale, blogdetik com, idblognetwork, indo*web*ster.., Okezone, Mytrans, voa-islam, muslimdaily, tribunnews, salam-online, alislamu, merdeka bahkan situs pemerintah kemdikbud.go.id tidak bisa di akses, dan banyak sekali situs yang menggunakan hosting di sana menjadi down alias offline.

Belum lagi termasuk beberapa layanan game online seperti RF, DOTA dan Game Online Gemscool juga mulai terkena imbas menjadi down - offline dari kebakaran ini. 

Hal ini tentu menjadi sebuah bencana internet bagi Indonesia, karena puluhan juta visitor terutama yang berniat berkunjung ke situs-situs berita yang kebetulan menggunakan server dari DataCenter IDC Duren Tiga tidak bisa masuk dan memperoleh berita terkini. Juga menjadi bencana bagi banyak situs dan blog yang menggunakan datacenter tersebut sebagai pusat hosting web mereka.

Namun karena kebakaran yang terjadi hanya menimpa unit UPSnya saja, maka para pemilik situs bisa bernafas lega karena kebakaran tidak mencapai lokasi datacenter yang bisa berakibat fatal bagi jaringan internet di Indonesia.

Menurut informasi, kebakaran IDC Duren Tiga terjadi akibat ledakan UPS di lantai 2 gedung yang membuat jaringan IIX lewat OPENIXP, server dan hosting serta ISP yang berlokasi di tempat tersebut menjadi offline dan tidak bisa diakses di seluruh Indonesia.

Semoga kebakaran UPS data center IDC - Duren Tiga bisa segera diatasi dan jaringan internetnya bisa UP kembali sesegera mungkin.

No comments:

Post a Comment