بِسْــــــــــــــــــمِ اﷲِالرَّحْمَنِ اارَّحِيم Rochmany's Blog: 9 Gejala Awal Diabetes yang Patut Diwaspadai
Go Green

Clock Link

Thursday, March 1, 2018

9 Gejala Awal Diabetes yang Patut Diwaspadai


Diabetes adalah penyakit yang mempengaruhi kemampuan tubuh kita memproduksi atau merespons insulin, ditandai dengan kadar gula darah (glukosa dalam darah) yang jauh di atas normal. Gejala pertama bisa sangat tak terlihat sehingga beberapa orang mungkin menganggapnya sepele. Jika tidak diobati, diabetes tidak hanya dapat menurunkan kualitas hidup tapi juga mengurangi harapan hidup. Oleh karena itu sangat penting untuk mendiagnosis penyakit ini lebih awal.

Inilah tanda-tanda awal diabetes paling umum yang patut kita waspadai.


Sering haus dan buang air kecil


Meningkatnya rasa haus (polidipsia) dan sering buang air kecil (polyuria) adalah gejala diabetes yang paling umum. Bila kalian menderita diabetes, ginjal kalian tidak bisa menyerap semua kelebihan gula. Yang akhirnya, berdampak pada urin, karena cairan dibawa dari jaringan tubuh. Hal ini membuat kalian kencing lebih banyak/sering dan akhirnya membuat kalian dehidrasi. Untuk memuaskan dahaga, kalian akan minum lebih banyak, yang menyebabkan kalian buang air kecil lebih sering.

Rata-rata orang kencing 6-7 kali sehari. Walaupun antara 4 dan 10 kali sehari juga normal jika orang tersebut sehat.



Sering lapar


Kelaparan berlebih (polyphagia), bersamaan dengan meningkatnya rasa haus dan buang air kecil yang disebutkan di atas, merupakan 3 tanda utama diabetes. Jika tubuh kalian tidak menghasilkan cukup insulin atau jika tubuh tidak meresponsnya dengan cara biasa, makanan tidak dapat diubah menjadi glukosa yang seharusnya digunakan sel untuk menghasilkan energi. Itu sebabnya kalian jadi kelaparan, bahkan tidak hilang meskipun telah makan. Padahal, makan membuat gula darah semakin tinggi.

Jika kalian terus makan tapi masih saja merasa lapar, kalian mungkin perlu berkonsultasi dengan dokter.



Mudah lelah


Gejala umum diabetes lainnya adalah kelelahan konstan. Bila kalian menderita diabetes, kalian akan merasa lelah dan mengantuk setiap saat, gejalanya sama seperti lapar: sel kalian tidak memiliki cukup glukosa yang digunakan untuk menghasilkan energi. Dehidrasi yang disebabkan oleh seringnya buang air kecil juga berkontribusi terhadap rasa kelelahan.

Kelelahan bisa saja karena faktor lain, misalnya: diet karbohidrat, terlalu banyak kafein, atau penuaan. Tapi bila dikombinasikan dengan gejala lain dari daftar ini, bisa jadi ini pertanda diabetes.


Penglihatan kabur (blur)


Bila penglihatan kabur bukan karena adanya masalah mata yang lebih serius, maka bisa jadi itu tanda awal diabetes. Hal itu terjadi karena adanya perpindahan cairan, yang membuat lensa mata membengkak dan berubah bentuk. Ini mempengaruhi kemampuan mata untuk melihat fokus, dan pandangan mulai terlihat kabur.

Perubahan mata ini biasanya dapat diatasi, dan penglihatan kalian akan kembali normal saat kadar gula darah stabil. Namun, jika kalian menderita diabetes dan tidak segera diobati, gejala ini bisa berkembang dan menyebabkan kebutaan.


Penurunan berat badan yang tak wajar


Penurunan berat badan yang tidak dapat dijelaskan penyebabnya, contohnya kehilangan banyak berat badan padahal kalian tidak pernah diet atau olahraga. Karena penderita diabetes tidak dapat menggunakan glukosa sebagai sumber energi, maka dibakarlah lemak dan otot sebagai energi, menyebabkan berat badan menjadi turun. Dehidrasi juga berkontribusi terhadap penurunan berat badan.

Penurunan berat badan yang tak wajar adalah tanda awal yang umum untuk diabetes tipe 1, namun dapat mempengaruhi juga orang-orang yang menderita diabetes tipe 2.


Kulit gatal


Seperti disebutkan di atas, bila kelebihan gula akan berdampak pada urin, dibutuhkan cairan dari jaringan lain, termasuk kulit (organ terbesar di tubuh), akibatnya kulit jadi kering. Kulit kering bisa menimbulkan gatal, dan menggaruk-garuk kulit kering itu bisa menyebabkan kulit semakin rusak bahkan infeksi. Alasan untuk kulit gatal cukup umum pada penderita diabetes.



Proses penyembuhan lambat


Apabila punya luka akibat tergores yang sembuhnya lama, bisa jadi itu tanda gejala diabetes. Gula darah tinggi tidak hanya meningkatkan pembengkakan pada luka dan tapi juga menyebabkan sirkulasi darah menjadi buruk, sehingga sulit bagi darah untuk mencapai dan memperbaiki area kulit yang rusak. Apalagi jika luka di kaki, tidak jarang pasien diabetes menderita luka kaki yang bisa menyebabkan masalah serius.

Jika kalian punya luka dan merasa proses sembuhnya lama, segera pergi ke dokter.


Lapisan kulit yang gelap



Acanthosis nigricans adalah kondisi kulit dimana timbul bercak-bercak gelap dengan tekstur tak biasa. Bercak ini biasanya muncul di daerah lipatan kulit, seperti: di leher, di ketiak, di selangkangan, di siku, di lutut, dan di jari-jari tangan.

Ini adalah tanda umum pre-diabetes atau diabetes dan harus segera diperiksa oleh dokter.


Mati rasa atau kesemutan pada tangan/kaki


Mati rasa, kesemutan, atau rasa sakit di tangan/kaki (atau jari tangan/kaki) adalah tanda umum diabetes lainnya. Seperti disebutkan di atas, gula darah tinggi menyebabkan sirkulasi darah buruk, dan pada akhirnya, menyebabkan kerusakan saraf. Tangan dan kaki adalah bagian tubuh terjauh dari jantung, maka akan merasakan efeknya terlebih dahulu.

Seperti banyak gejala lainnya, sangat penting untuk menjaga gula darah agar tetap terkontrol.

No comments:

Post a Comment