بِسْــــــــــــــــــمِ اﷲِالرَّحْمَنِ اارَّحِيم Rochmany's Blog: Ilmuwan Klaim Bisa Bangkitkan Kembali Dinosaurus
Go Green

Clock Link

Thursday, May 25, 2017

Ilmuwan Klaim Bisa Bangkitkan Kembali Dinosaurus

Ilmuwan Klaim Bisa Bangkitkan Kembali Dinosaurus

Metrotvnews.com: Seorang ilmuwan bernama Dr. Michio Kaku baru-baru ini membuat pernyataan yang cukup menarik.

Profesor fisika teori dari City College of New York tersebut mengatakan kita sudah bisa menghidupkan kembali mammoth untuk kembali berjalan di permukaan Bumi. Tidak hanya itu, Kaku juga mengatkan dalam waktu dekat kita sudah memiliki teknologi yang bisa membangkitkan kembali dinosaurus.


Teknologi yang dimaksud adalah kloning dan manipulasi genetik. Sama seperti halnya film Jurassic Park, dinosaurus ternyata bisa dibangkitkan kembali dengan menggunakan teknologi kloning dan manipulasi genetik. Dalam video Big Think yang dirilis di YouTube, Kaku mengatakan ilmuwan saat ini sudah bisa mengamati sel dinosaurus dan susunan proteinnya yang didapat dari fosil.

Meski susunan protein tersebut bukan merupakan DNA dinosaurus, namun protein tersebut sudah cukup memberikan informasi bagaimana kita bisa mereplikasi dinosaurus.

Melalui teknik bernama ephigenetic, ilmuwan bisa memanipulasi hewan yang ada saat ini yang masih memiliki hubungan genetik dengan dinosaurus agar rupanya mirip dengan nenek moyangnya.

Dari analisa protein pada fosil dinosaurus, imuwan menemukan adanya kemiripan burung dan hewan reptil lainnya dengan dinosaurus secara genetik. Jadi bisa dibilang beberapa burung dan reptil merupakan keturunan langsung dinosaurus.

Teknik ephigenetic memungkinkan ilmuwan untuk "menyalakan kembali" sifat genetik dinosaurus pada hewan keturunan dinosaurus yang ada saat ini. Dengan demikian, ilmuwan bisa menghadirkan kembali hewan mirip dengan dinosaurus ke zaman saat ini.

Namun, bukan berarti semuanya bisa dilakukan saat ini. Untuk melakukannya, Kaku mengatakan ilmuwan memerlukan akses ke komputer dengan performa komputasi sangat tinggi. Hal tersebut dibutuhkan agar mereka bisa menentukan "ramuan" genetika yang tepat agar dinosaurus yang dihasilkan mirip dengan aslinya.

Sayangnya, komputer tersebut belum ada saat ini, namun siapa tahu dalam beberapa tahun kedepan hal tersebut bisa dilakukan.

Mungkinkah kita bisa membuat Jurassic Park dalam waktu dekat?



(MMI
)

No comments:

Post a Comment