بِسْــــــــــــــــــمِ اﷲِالرَّحْمَنِ اارَّحِيم Rochmany's Blog: Empat Ton Sampah Diangkut dari Gunung Everest
Go Green

Clock Link

Thursday, May 11, 2017

Empat Ton Sampah Diangkut dari Gunung Everest

Empat Ton Sampah Diangkut dari Gunung Everest


Metrotvnews.com, Beijing: Lebih dari empat ton sampah telah disingkirkan dari Gunung Everest sebagai bagian dari operasi pembersihan masif di gunung tertinggi di dunia itu. 

Sejumlah relawan telah menghabiskan lima hari terakhir mengumpulkan tangki oksigen bekas pakai, tali, kompor, botol plastik dan tenda di Everest bagian Tiongkok.

Gunung Everest adalah gunung tertinggi di dunia dengan ketinggian 8.848 meter yang wilayahnya terbagi antara Nepal dan Tiongkok. 

Seperti dikutip Sky News, Kamis 11 Mei 2017, pendaki dari Inggris, Spanyol, Italia dan Amerika Serikat ikut serta dalam operasi pembersihan. Empat ton sampah itu diangkut dari Everest dengan menggunakan bantuan lebih dari 100 sapi jenis yak.

Operasi sepanjang sembilan hari difokuskan di jalur pendakian dan perkemahan Everest di ketinggian antara 5.200 dan 6.500 meter. 

Ini merupakan operasi pembersihan terbesar di Everest sisi Tiongkok sejak empat tahun terakhir. Otoritas setempat bertekad menghindari penumpukan sampah di Everest dengan menempatkan sejumlah tempat pembuangan di sepanjang jalur pendakian. 

Sampah menjadi masalah serius di Everest. (Foto: Sky News)

Sekitar 60 ribu pendaki dan pemandu mengunjungi sisi utara Everest pada setiap tahunnya. Di Tiongkok, Everest dikenal dengan nama Gunung Qomolangma. 

Sementara di Everest bagian Nepal, sejumlah grup mulai mengirim kantung-kantung besar kepada para pendaki untuk mengumpulkan sampah. Setelah terkumpul, sampah-sampah itu kemudian dibawa turun gunung dengan menggunakan helikopter.

"Sekarang kita memiliki aliran listrik di base camp. Gunung (Everest) semakin bersih," ujar Kerry, pemimpin tim pendaki asal Yunani. 

Seiring semakin populernya Everest di kalangan pendaki, sampah-sampah yang ditinggalkan mereka kian menggunung. Hal tersebut menjadi tantangan bagi otoritas setempat dalam menjaga kebersihan lingkungan dan ekosistem Everest. 
(WIL)

No comments:

Post a Comment