بِسْــــــــــــــــــمِ اﷲِالرَّحْمَنِ اارَّحِيم Rochmany's Blog: Battle Bay, Aksi Tembak-tembakan Kapal
Go Green

Clock Link

Thursday, May 11, 2017

Battle Bay, Aksi Tembak-tembakan Kapal

Foto: screenshot detikINET


Jakarta - Kiprah Rovio Entertainment dalam industri game mobile memang sudah tidak diragukan lagi. Sejak pertama kali merilis Angry Bird di tahun 2009 silam, nama developer game asal Finlandia ini langsung melejit populer.

Tak puas hanya merilis satu game, Rovio kemudian menggarap beberapa judul game dari Angry Birds. Bila dihitung-hitung kini berjumlah 17 game yang di antaranya merupakan game spin-off. 

Rovio tampaknya tidak ingin dicap sebagai developer game khusus Angry Birds saja. Karenanya mereka meluncurkan game terbarunya yang tanpa embel-embel Angry Birds, bernama Battle Bay. 

Pantauan detikINET, game ini sudah tersedia di Google Play Store dan Apple App Store untuk region Indonesia. Dan sama seperti game Angry Birds pada umumnya, Battle Bay bisa Anda unduh secara gratis.

Penasaran dengan game ini, detikINET pun lantas mencoba mengunduhnya. Satu catatan ketika hendak mengunduh, pastikan ponsel Anda terhubung dengan konektivitas WiFi yang kencang. Sebab ukuran file dari game berkapasitas besar, yakni sekitar 200 MB. Nah Anda pun tidak ingin bukan apabila kuota yang sudah dibeli mahal-mahal terbuang percuma.

Sesuai namanya, Battle Bay menyuguhkan pertarungan sengit antar kapal di sebuah arena perairan. Tidak usah bingung dengan cara bermain, karena ketika pertama kali membuka aplikasi ini Anda akan dihadapkan dengan tutorial permainan.


Battle Bay, Aksi Tembak-tembakan Kapal dari Pembesut Angry BirdsFoto: screenshot detikINET

Cara bermainnya sebenarnya cukup simple. Ada dua buah tombol yang terletak di sisi kanan dan kiri. Tombol di sisi kiri untuk mengendalikan kapal maju ke depan, belakang, samping dan sebagainya. Sementara tombol sebelah kanan untuk mengarahkan tembakan sekaligus menembakan serangan.

Secara garis besar, game ini menggabungkan beberapa genre permainan. Di samping shooter, game ini --menurut penuturan Rovio-- memiliki elemen MOBA (Multiplayer Online Battle Arena). Elemen tersebut terasa manakala Anda bisa memilih kapal sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan masing-masing.

Seperti misalnya kapal Shooter yang memiliki kemampuan dalam menembak, kapal Defender yang memiliki kemampuan dalam bertahan, dan sebagainya. Tak hanya itu, Anda juga bisa meng-upgrade kemampuan kapal beserta pilotnya, sebagaimana elemen RPG (role-playing game) juga masuk ke dalam bagian dari MOBA.


Battle Bay, Aksi Tembak-tembakan Kapal dari Pembesut Angry BirdsFoto: screenshot detikINET

Dari pengalaman detikINET ketika bermainan, memang di awal untuk mengendalikan kapal terasa sulit. Mungkin karena belum terbiasa untuk bergerak dengan tombol di sebelah kiri dan mengarahkan senjata dengan tombol kanan.

Pun begitu, Anda sebenarnya tidak perlu repot-repot untuk membidik kapal musuh seperti dalam game first-person shooter. Karena Rovio menghadirkan mekanisme di mana bidikan senjata akan secara otomatis mengarah ke kapal musuh. Anda juga bisa mengunci bidikan, bila takut bidikan akan kabur karena pergerakkan kapal. 


Battle Bay, Aksi Tembak-tembakan Kapal dari Pembesut Angry BirdsFoto: screenshot detikINET

Kesulitan lainnya disebabkan arena permainan yang bergelombang. Walau menyulitkan, ini sebenarnya juga menjadi keuntungan, di mana Anda bisa serta merta menghindari tembakan yang datang dari musuh.

Karena game ini mempertemukan player dari berbagai negara secara real-time, maka sudah pasti bila game membutuhkan konektivitas internet. Di dalam game juga terdapat sistem mikrotransaksi untuk pembelian pearl dan gold guna kebutuhan upgrade.


Battle Bay, Aksi Tembak-tembakan Kapal dari Pembesut Angry BirdsFoto: screenshot detikINET

Game ini juga menawarkan sistem subscripe menjadi VIP yang isinya menawarkan 50% reward tanpa iklan. 20% lebih cepat dalam training, dan lain-lain. Untuk berlangganan, Anda bisa merogoh kocek mulai dari Rp 71 ribu untuk tujuh hari dan Rp 139 ribu untuk sebulan.

Pun jika Anda tidak ingin mengeluarkan kocek dalam bermain, Rovio memberi kesempatan dengan menghadirkan berbagai macam reward. Isinya tentu adalah perlengkapan dan kebutuhan upgrade kapal. (mag/afr)

No comments:

Post a Comment