بِسْــــــــــــــــــمِ اﷲِالرَّحْمَنِ اارَّحِيم Rochmany's Blog: Alasan Korban Kecelakaan Tidak Boleh Diberi Minum
Go Green

Clock Link

Sunday, November 8, 2015

Alasan Korban Kecelakaan Tidak Boleh Diberi Minum


Liputan6.com, Jakarta - Setiap orang pasti punya rasa sosial yang tinggi. Bila melihat kecelakaan dan melihat adanya korban, maka akan tergerak untuk melakukan pertolongan. Namun, banyak yang belum mengetahui bagaimana mengevakuasi korban kecelakaan. 

Namun, tak sedikit pertolongan yang justru keliru. Misalnya ketika meminta korban untuk meminum air. Meskipun tujuannya sekadar menenangkan.

Menurut CEO Safetycode, Adhi Nugroho, bagi korban kecelakaan yang mengalami cedera berat tidak disarankan mengonsumsi air. Sebab, kemungkinan korban memiliki cedera pada rongga badan. 

"Ketika menolong, kita sebaiknya memastikan dulu korbannya luka berat atau tidak. Kalau hanya ringan dan tak ada tanda-tanda luka berat tidak masalah. Tapi kalau lebih dari itu harus ada penanganan dari tugas medis," jelasnya. 

Apabila korban punya cedera serius, lanjutnya, perlu penanganan lanjutan seperti operasi. "Yang namanya prosedur operasi kan pasien harus dalam kondisi puasa. Bila mengonsumsi air organ lambung bekerja," paparnya. (gst/sts)

No comments:

Post a Comment