بِسْــــــــــــــــــمِ اﷲِالرَّحْمَنِ اارَّحِيم Rochmany's Blog: 6 Makanan Tertua yang Ditemukan Arkeolog
Go Green

Clock Link

Sunday, October 18, 2015

6 Makanan Tertua yang Ditemukan Arkeolog


Merdeka.com - Sangat jarang ditemukan bukti arkeologis berupa makanan pada masa lalu. Makanan lebih mudah hancur dan membusuk sehingga hampir tidak ada bukti arkeologis tentangnya. Pengetahuan mengenai makanan dari masa lalu sebagian besar hanya didapat dari bukti-bukti sejarah tertulis saja.

Tetapi masih terdapat beberapa makanan yang tetap selamat bahkan hingga beberapa ribu tahun. Berikut Merdeka.com berikan enam makanan tertua di dunia yang ditemukan arkeolog.


1. Anggur di Makam Romawi


Photo Credit: Mental Floss

Pada masa kuno, ketika akan dimakamkan, orang romawi yang kaya atau memiliki kedudukan tinggi cenderung untuk membawa beberapa barang bersama mereka ketika dikuburkan. Salah satu barang yang ditemukan bersama dengan ditemukannya makam romawi adalah minuman anggur ini. Minuman ini masih awet karena botol yang digunakan untuk menyimpannya sudah dilindungi menggunakan minyak zaitun. Usia dari minuman ini diperkirakan adalah 1600 tahun.


2. Roti gosong Inggris


Photo Credit: Mental Floss

Pada awalnya, temuan ini disangka sebagai sebuah arang karena warnanya namun karena ditemukan gandum di dalamnya maka baru dikenali bahwa ini adalah roti. Roti ini ditemukan di Oxfordshire Inggris dan memiliki usia 5500 tahun. Mengingat usianya, roti ini diperkirakan merupakan buatan dari penduduk pertama yang tinggal di Inggris.


3. Sup Tulang China


Photo Credit: Mental Floss

Wadah masak yang memuat sup ini ditemukan secara tidak sengaja ketika dilakukan penggalian untuk membuat bandara baru. Wadah masak perunggu ini masih berisi cairan sup walaupun sudah berubah warna ketika ditemukan. Karena proses oksidasi dari perunggu, maka cairan dan tulang yang ada di dalam sup berubah warna menjadi hijau. Usia dari temuan ini adalah 2400 tahun.


4. Mentega Irlandia


Photo Credit: Mental Floss

Di Irlandia 3000 tahun yang lalu, cara menyimpan mentega yang paling umum dilakukan adalah dengan merendamnya di dalam lumpur. Pada tahun 2009, ternyata muncul bukti penggunaan cara ini dengan ditemukannya sebuah wadah yang penuh berisi mentega. Kondisi mentega itu telah berubah menjadi putih dan memiliki tekstur seperti lilin, tetapi temuan tersebut masih dapat dikenali sebagai mentega.


5. Mie China


Photo Credit: Mental Floss

Selama ini sering terjadi debat mengenai bangsa manakah yang pertama kali menemukan mie. Tetapi berdasar temuan di sebuah situs di daerah Sungai Kuning di China, diketahui bahwa bangsa China lah yang memiliki budaya makan mie paling tua. Temuan ini berusia sekitar 4000 tahun dan masih dalam bentuk mie seperti yang dikenal saat ini.


6. Dendeng daging China


Photo Credit: Mental Floss


Dendeng berusia 2000 tahun ini ditemukan dalam sebuah wadah perunggu yang tertutup cukup rapat. Karena proses oksidasi perunggu maka daging ini berubah menjadi hitam dan hijau. Temuan ini sekaligus menandai daging tertua yang pernah ditemukan. Awetnya bentuk dendeng ini menunjukkan bahwa sebelum disimpan, dendeng ini telah mengalami proses pengeringan yang sempurna.


Itu tadi enam makanan yang dapat bertahan hingga ribuan tahun. Berdasar temuan arkeologi itu jadi dapat diketahui bahwa beberapa makanan tersebut memang sudah ada sejak masa lalu.

No comments:

Post a Comment