بِسْــــــــــــــــــمِ اﷲِالرَّحْمَنِ اارَّحِيم Rochmany's Blog: Alasan Gembong Narkoba Guzman Bisa Larikan Diri
Go Green

Clock Link

Sunday, July 26, 2015

Alasan Gembong Narkoba Guzman Bisa Larikan Diri

Sepeda motor dalam terowongan yang digunakan gembong narkoba Meksiko, Guzman kabur.

Sepeda motor dalam terowongan yang digunakan gembong narkoba Meksiko, Guzman kabur.


REPUBLIKA.CO.ID, MEXICO CITY – Foto satelit telah menunjukan desain penjara penjara Federal Social Readaptation Center No. 1 atau biasa disebut Altiplano mirip dengan penjara Puente Grande. Kedua penjara tersebut merupakan penjara yang sama setelah sebelumnya gembong narkoba Guzman pernah ditahan dan melarikan diri dari penjara Puente Grande pada 2001.

Seperti yang dikutip RT News dari New York Times pada Ahad (26/7), seseorang yang tidak mau dikonfirmasi namanya menyatakan desain kedua penjara itu memang mirip. Menurutnya, kedua penjara tersebut memang dirancang untuk mengurung 724 narapidana dengan luas 27.900 meter persegi kubik.

Terkait hal tersebut, mantan karyawan penjara Puente Grande, Damaso Lopez sekarang ini menjadi tersangka utama penyelidikan kasus kaburnya Guzman. Lopez disebut-sebut mencuri salinan cetak biru (blueprints) denah penjara saat Guzman pertama kali kabur dari penjara tersebut.

“Lopez diyakini memiliki pengetahuan tata letak penjara dan prosedur keamanan. Para pembuat terowongan mungkin juga memiliki koordinat GPS untuk kamar mandi di sel penjara Guzman,” kata laporan bagian publikasi.

Diketahui, Joaquin Guzman Loera Archivaldo atau dikenal sebagai El Chapo Guzman (gembong narkoba Gusman) awalnya ditangkap pada 1993 dan dijatuhi hukuman 20 tahun penjara atas kasus pembunuhan dan perdagangan narkoba. Setelah menyuap penjaga penjara, ia mampu melarikan diri dari penjara Puente Grande pada 2001. 

Selanjutnya, pemerintah butuh waktu selama 13 tahun untuk menangkapnya lagi pada 2014 namun pada 11 Juli 2015 ia kembali kabur dengan membuat terowongan bawah tanah. Kini pemerintah Meksiko memberikan tawaran hadiah 3,8 dolar AS untuk yang bisa membantu penangkapan Guzman.

No comments:

Post a Comment