بِسْــــــــــــــــــمِ اﷲِالرَّحْمَنِ اارَّحِيم Rochmany's Blog: Perempat Final Piala Dunia dari Masa ke Masa
Go Green

Clock Link

Thursday, July 3, 2014

Perempat Final Piala Dunia dari Masa ke Masa

(Photo by Quinn Rooney/Getty Images)

Gelaran Piala Dunia kali ini kembali menorehkan catatan sejarah yakni semua tim yang tampil di fase perempat final adalah juara grup di babak penyisihan. Hal ini baru pertama kali terjadi di 20 kali penyelenggaraan Piala Dunia sejak tahun 1930. 

Sebelum Piala Dunia 1998, hal ini tidak mungkin terjadi mengingat hanya ada enam grup atau kurang pada babak  penyisihan grup. Tim yang kemudian tampil di perempat final bisa juga merupakan runner-up grup. Format kejuaraan  memang terus berubah di dalam pelaksanaannya. 

Mulai dari dari hanya ada 4 grup yang meloloskan juara grup ke babak semifinal pada turnamen perdana 1930 hingga akhirnya masuk dalam format penyisihan dari 8 grup di mana juara dan runner-up grup berhak tampil di perdelapan final digunakan seperti saat ini.

Semenjak mengadaptasi format 8 grup di empat gelaran terakhir, Piala Dunia Afrika Selatan 2010 hampir menyamai catatan tahun dengan menampilkan tujuh juara grup di babak perempatfinal. Keperkasaan Ghana menaklukkan Amerika Serikat di perdelapan final membuat perempat final “ideal” yang bermaterikan para juara dari 8 grup urung terjadi.
Kapten Timnas Inggris David Beckham pada Piala Dunia 2002 (Photo by Ross Kinnaird/Getty Images)
Kapten Timnas Inggris David Beckham pada Piala Dunia 2002 (Photo by Ross Kinnaird/Getty Images)

Sementara di Korea Jepang 2002 hanya 4 juara grup yang sanggup bertahan hingga ke perempat final. Ini menjadikannya fase 8 besar yang paling minim diisi oleh juara grup. Kala itu Meksiko, Denmark, Swedia dan Jepang sebagai juara grup gagal melaju ke perempat final usai dikalahkan oleh Amerika Serikat, Inggris, Senegal dan Turki.

Fase 8 besar Brasil 2014 menempatkan 4 wakil Eropa, 3 wakil Amerika Selatan dan 1 negara dari Amerika Tengah. Proporsi ini sama persis dengan apa yang terjadi pada Piala Dunia Meksiko 1970. Saat itu Eropa diwakili oleh Jerman Barat, Inggris, Italia, dan Uni Soviet. Meksiko menjadi satu-satunya wakil Amerika Tengah dan Amerika Selatan diwakili Brasil, Uruguay dan Peru. 

Dibanding Afsel 2010 yang hanya menempatkan 3 wakilnya di 8 besar, saat ini nasib Eropa sedikit lebih baik. Sementara Amerika Selatan harus menerima takdir hanya mempunyai 3 wakil di turnamen kali ini dibanding 4 negara di Afsel 2010. 

Kosta Rika sebagai satu-satunya wakil Amerika Tengah juga menorehkan tinta emas dalam sejarah dengan lolos ke perempat final Piala Dunia untuk pertama kalinya. Dari 3 kali keikutsertaan sebelumnya, perdelapan final Italia 1990 adalah pencapaian terbaik negara yang beribu kota di San Jose ini. Pencapaian ini merupakan yang kelima kalinya bagi zona CONCACAF dalam sejarah penyelenggaraan turnamen sepak bola antar negara empat tahunan ini. Kosta Rika juga menjadi negara ke-4 zona CONCACAF setelah Kuba 1938, Meksiko 1970 dan 1986 serta Amerika Serikat 2002.

Pelatih Brasil Dunga dalam laga perempat final Piala Dunia 2010 REUTERS/Eddie Keogh
Pelatih Brasil Dunga dalam laga perempat final Piala Dunia 2010 REUTERS/Eddie Keogh

Brasil 2014 merupakan penyelenggaraan Piala Dunia ke lima di tanah Amerika Selatan. Empat turnamen sebelumnya adalah Uruguay 1930, Brasil 1950, Cile 1962 dan Argentina 1978. Dari empat turnamen tersebut hanya Cile 1962 yang menggunakan sistem gugur di 8 besar. Penyelenggaraan Piala Dunia perdana Uruguay 1930 tidak mengadopsi sistem 8 besar melainkan langsung semifinal. Demikian halnya dengan Brasil 1950. Sementara di Argentina 1978, meskipun fase kedua kejuaraan menempatkan 8 tim terbaik turnamen namun di fase tersebut menggunakan sistem grup yang terdiri dari 4 negara. Pada Cile 1962, semifinalis kejuaraan diisi oleh 2 negara Eropa dan 2 negara Amerika Selatan yang lolos dari perempat final.

Amerika Selatan dan Eropa dipastikan setidaknya 1 wakil di semifinal Brasil 2014 karena ada dua wakil mereka yang diharuskan bentrok di perempat final. Dilihat dari sejarah perempat final sebelumnya, Piala Dunia kali ini kurang lebih mirip dengan Cile 1962 dan Meksiko 1970 yang akhirnya meloloskan 2 wakil Eropa dan 2 negara Amerika Selatan ke semifinal. Akankah apa yang terjadi di dua gelaran tersebut kembali terulang di Brasil 2014?

s

No comments:

Post a Comment