بِسْــــــــــــــــــمِ اﷲِالرَّحْمَنِ اارَّحِيم Rochmany's Blog: The Philosopher, Wajah Nusantara di Film Hollywood
Go Green

Clock Link

Saturday, June 7, 2014

The Philosopher, Wajah Nusantara di Film Hollywood


The Philosopher, Wajah Nusantara di Film Hollywood  

TEMPO.COJakarta - Indonesia kian dilirik pembuat film Hollywood terutama dalam hal lokasi syuting. Belum hilang dari ingatan film drama yang dibintangi Julia Robert, Eat, Pray, Love, dengan salah satu cerita berlokasi di Ubud, Bali.
Disusul kemudian ada Savages di Sumbawa dan Alex Cross di Bali.  Kini menyusul di belakangnya ada The Philosopher, sebuah film arahan John Huddles.
Dikenal dengan judul After the Dark di banyak negara, The Philosopher merupakan hasil kerja sama SCTV dengan Olive Branch Productions. Film bergenre psychological thriller ini memiliki latar fiksi ilmiah.  Selain menjadi sutradara, John Huddles juga merupakan penulis skenarionya.
Proses pengambilan gambarnya dimulai pada pertengahan 2011. Saat konferensi pers untuk film ini, Huddles mengatakan bahwa tema utama filmnya adalah multikulturalisme. Sedangkan kisahnya tentang tantangan untuk memulai kembali spesies manusia setelah terjadinya kiamat nuklir.
Huddles menambahkan, dalam filmnya akan ada siswa dari mancanegara, seperti Turki, Iran, Australia, Afrika, Kanada, Amerika Serikat, Inggris, serta Indonesia.
Lokasi pengambilan gambar berada di sejumlah tempat wisata yang terkenal di Indonesia. Selama tujuh pekan tim produksi berada di Pulau Belitung (Bangka Belitung), Gunung Bromo (Jawa Timur), Candi Prambanan (Yogyakarta), dan berakhir di kawasan Monumen Nasional, Jakarta, pada Agustus 2011.
Inilah negara yang aset sinematiknya mengingatkan para sutradara film betapa beruntungnya mereka mendapatkan pekerjaan ini. Saya tak henti-hentinya bersyukur,” kata Huddles mengenai Indonesia. (Baca: Cinta Laura Jatuh Hati kepada Hollywood)
Sejumlah bintang Hollywood turut memperkuat film ini. Mereka adalah Sophie Lowe, Rhys Wakefield (dalam film Sanctum), Bonnie Wright (franchise Harry Potter), James D’Arcy (Cloud Atlas), Daryl Sabara (Spy Kids), Freddie Stroma (Harry Potter), dan Katie Findlay. Bintang blasteran Jerman-Indonesia, Cinta Laura Kiehl, juga ikut bermain sebagai Utami.
Kisah film ini berawal ketika seorang guru filsafat di salah satu sekolah internasional di Jakarta menantang para siswanya yang terdiri dari 20 siswa senior. Para siswa harus memilih sepuluh di antara mereka yang akan berlindung di sebuah bunker dan memulai kembali peradaban manusia setelah terjadinya kiamat nuklir.
The Philosopher masuk kompetisi di Neuchatel International Fantastic Film Festival pada 7 Juli 2013. Kemudian film ini masuk dalam Fantasy FilmFest pada 21 Agustus 2013. Di Amerika Serikat, Kanada, Hong Kong, dan sejumlah negara Eropa, film ini sudah beredar. Namun, di bioskop Indonesia, The Philosopher baru akan rilis menyambut liburan sekolah pada 12 Juni 2014.

No comments:

Post a Comment