بِسْــــــــــــــــــمِ اﷲِالرَّحْمَنِ اارَّحِيم Rochmany's Blog: Turis AS Ditahan di Korea Utara
Go Green

Clock Link

Saturday, April 26, 2014

Turis AS Ditahan di Korea Utara


TEMPO.CO, Pyongyang – Korea Utara mengatakan telah menahan seorang turis Amerika Serikat berusia 24 tahun yang pada bulan April lalu dituduh melakukan "pelanggaran berat ketertiban hukum".

Pernyataan ini dibuat saat Presiden Amerika Serikat Barack Obama mengunjungi Korea Selatan, salah satu sekutu terdekat Washington yang teknis masih berperang dengan Pyongyang. (Baca: Kapal Patroli Korut Masuki Wilayah Korsel)

»Republik Demokratik Rakyat Korea (DPRK) telah menahan Matthew Todd (24 tahun) pada 10 April lalu karena perilakunya selama tur di Korut,” tulis KCNA, kantor berita resmi Korut, seperti dikutip Reuters, Jumat, 24 April 2014.

KCNA mengatakan Todd datang ke Korut dengan visa turis, tapi ia merobek potongan visa dan mengatakan bahwa dirinya telah »memilih Korut sebagai tempat berlindung”. (Baca: Tembakan Meriam Korut Jadi Pesan Bagi AS)

Todd bukan satu-satunya warga AS yang ditahan di negara ini. Kenneth Bae, seorang misionaris Amerika-Korea, ditahan selama lebih dari setahun di Korea Utara. Ia dihukum 15 tahun kerja paksa atas tuduhan berusaha menggulingkan Korut. Dan pada Agustus lalu, Korut telah menolak kedatangan Robert King, utusan AS yang akan membahas kasus Bae.

No comments:

Post a Comment