بِسْــــــــــــــــــمِ اﷲِالرَّحْمَنِ اارَّحِيم Rochmany's Blog: Gaji Mark Zuckerberg Hanya 1 Dollar Amerika Setahun
Go Green

Clock Link

Wednesday, April 2, 2014

Gaji Mark Zuckerberg Hanya 1 Dollar Amerika Setahun

Gaji Pendiri Facebook Cuma Rp 13 Ribu Setahun

TEMPO.CO, California - Pendiri Facebook, Mark Zuckerbergmenurunkan gajinya sendiri menjadi hanya sebesar US$ 1 atau Rp 11.300 untuk pekerjaannya di Facebook selama satu tahun pada 2013 lalu.

Nilai gaji Zukckerberg ini berkurang sangat drastis dibandingkan gajinya di Facebook pada tahun 2012 yang mencapai US$ 503.205 atau sekitar Rp 6,7 miliar. Saat itu, Facebook memutuskan go public.

Keputusan Zuckerberg untuk memotong gajinya hingga 99 persen itu hanyalah langkah simbolis. Soalnya, upaya ini pernah dilakukan pendiri Apple Inc, mendiang Steve Jobs dan duet pendiri Google, Larry Page dan Sergey Brin. Para miliuner pemilik perusahaan teknologi asal Sillicon Valley itu memutuskan hanya akan mengambil gaji sebesar US$ 1 setahun, setelah mereka memiliki kekayaan berlimpah.

Mark Zuckerberg memang sudah kaya. Tanpa digaji Facebook pun, kekayaan totalnya saat ini mencapai hampir US$ 27 miliar. Dia juga masih memegang 61,6 persen saham Facebook dan sebagai CEO, tentunya Zuckerberg masih punya suara besar dalam manajemen perusahaan itu.

Dengan jumlah saham itu, Zuckerberg masih punya kekayaan sebesar US$ 3,3 juta. Pria berusia 29 tahun yang kini masuk jajaran orang kaya dunia di urutan ke-22 itu sekarang fokus dalam aktivitasnya sebagai filantropis. Tahun lalu, dia bersama istrinya menyumbangkan 18 juta lembar saham Facebook miliknya senilai US$ 1 miliar untuk sebuah acara amal.

No comments:

Post a Comment