بِسْــــــــــــــــــمِ اﷲِالرَّحْمَنِ اارَّحِيم Rochmany's Blog: Penampakan Aneh di Sekitar Gunung Kelud Saat Meletus
Go Green

Clock Link

Saturday, February 15, 2014

Penampakan Aneh di Sekitar Gunung Kelud Saat Meletus

Ada sisi lain yang menarik untuk dilihat di tengah peristiwa letusan Gunung Kelud semalam. Dari semburan lava pijar, abu vulkanik dan gelegar petir yang menyambar, muncullah sejumlah bentuk yang menyerupai hewan atau simbol tertentu. Seperti apa?

Dari 30 foto yang dikirim, ada beberapa yang menarik karena membuat imajinasi yang melihatnya jadi membuat kesimpulan macam-macam.

Percaya tidak percaya, inilah sejumlah foto letusan gunung Kelud yang dianggap memiliki bentuk aneh dari sisi penampakannya

Mirip Hewan Tertentu


Sejumlah pembaca detikcom membuat analisa di bagian yang dilingkari. Di situ terlihat semacam bentuk yang menyerupai hewan dengan mata yang merah dan menyala. 


Menyerupai Paruh Burung


Foto ini dikomentari oleh beberapa pembaca detikcom karena bentuknya yang menarik. Di bagian yang dilingkari, ada yang berasumsi mirip dengan paruh burung lengkap dengan matanya. 


Huruf A


Sejumlah pembaca detikcom sepakat untuk memuji foto kiriman Alif ini. Sebab dia menangkap bentuk yang sangat indah. Cahaya petir yang muncul dari dua sisi nyaris membentuk sebuah huruf A jika disandingkan dengan abu vulkanik.


Mirip Bulu Domba


Sekilas ada kemiripan gambar abu vulkanik ini dengan fenomena wedhus gembel di gunung Merapi. Sehingga, banyak yang mengatakan di bagian yang dilingkari mirip dengan bulu domba. 



Di atas merahnya cahaya pijar, terdapat gumpalan abu vulkanik yang berbentuk hampir bulat sempurna. Bulatan itu mirip dengan kepala hewan, terutama yang berbulu lebat. Sebagian menilai mirip dengan kepala anjing atau kucing. 


Burung Hantu


Salah seorang reporter detikcom menganalisis foto ini dan menilai ada kemiripan di bagian yang dilingkari dengan kepala burung hantu. 


Wajah




Detik-Detik Meletusnya Gunung Kelud

Gunung Kelud yang secara administratif masuk wilayah Kabupaten Kediri, Kabupaten Malang, dan Kabupaten Blitar, Jawa Timur, kembali meletus pada Kamis (13/2/2014) pukul 22.49 WIB.

Saat Gunung Kelud erupsi, seorang warga yang tinggal di sekitarnya mendokumentasikan erupsi yang direkam dari jarak jauh.

Video itu kemudian diunggah oleh pengguna bernama Arie Herwin Fahuni, ke situs berbagi video Youtube dengan judul "Erupsi Gunung Kelud 13 02 2014." Hingga Jumat (14/2/2014) pukul 06.00 sore, video berdurasi 5 menit 35 detik ini telah ditonton sebanyak 2.483 kali.

Di video itu terlihat material vulkanis yang keluar dari Gunung Kelud, disertai kilatan, dan terdengar beberapa kali dentuman. Di video itu juga terdengar suara sirene serta klakson kendaraan bermotor.

Video ini merupakan salah satu rekaman kejadian detik-detik letusan Gunung Kelud yang bisa dipercaya. Di situs berbagi video Youtube terdapat banyak video palsu yang berisi erupsi gunung-gunung lain, tetapi diberi judul dan keterangan "Gunung Kelud 13 Januari". Beberapa video palsu terlihat direkam pada siang hari, padahal erupsi Gunung Kelud terjadi pada tengah malam.

Sejak 2 Februari 2014, status Gunung Kelud sudah dinyatakan Waspada. Sejak itu, Bupati Malang, Bupati Kediri, dan Bupati Blitar bersama dengan Gubernur Jawa Timur mulai meningkatkan koordinasinya untuk mengantisipasi letusan.

Pada tanggal 10 Februari, status Gunung Kelud ditingkatkan menjadi Siaga, sampai akhirnya berstatus Awas pada Kamis malam pukul 21.15.

#prayforindonesia
#prayforkelud

No comments:

Post a Comment