بِسْــــــــــــــــــمِ اﷲِالرَّحْمَنِ اارَّحِيم Rochmany's Blog: Kisruh Sadap, DPR Panggil Telkomsel dan Indosat
Go Green

Clock Link

Thursday, February 20, 2014

Kisruh Sadap, DPR Panggil Telkomsel dan Indosat


TEMPO.CO , Jakarta - Komisi Pertahanan dan Luar Negeri DPR akan memanggil Kementerian Komunikasi dan Informatika untuk mengusut dugaan keterlibatan dua opertor telekomunikasi dalam penyadapan yang dilakukan Australia. Anggota Komisi, Yorrys Raweyai, mengatakan DPR juga akan memanggil operator Telkomsel dan Indosat untuk dimintai penjelasan.

"Sudah pasti kami panggil mereka. Agenda pemanggilan sudah kami sampaikan ke sekertariat," kata Yorrys ketika dihubungi, Kamis, 19 Februari 2014. Dia menargetkan pemanggilan kepada Kementerian Komunikasi dan Informatika bersama dua operator tersebut dilakukan secepatannya.

Yorrys menilai dugaan keterlibatan dua operator tersebut merupakan permasalahan yang sangat serius. Karena itu, tidak menutup kemungkinan DPR akan membuat panita kerja untuk investigasi keterlibatan Telkomsel dan Indosat dalam aksi penyadapan yang dilakukan oleh Australia. (Baca: Sadap Urusan Dagang, Marty Protes Australia).

Menurutnya, langkah DPR akan ditentukan setelah pertemuan antara komisi dengan regulator dan opertor. "Mekanisme tindaklanjut menunggu hasil pertemuan nanti," katanya. "Kami juga tindak lanjuti sejauh mana akurasi laporan dari Snowden."

Sebelumnya, dua operator telekomunikasi tersebut disebut-sebut terlibat dalam aksi penyadapan yang dilakukan Australia dan Amerika Serikat. Kedua operator ini menguasai 77 persen pelanggan seluler di Indonesia.

Penyadapan terbaru yang dilakukan intelijen Amerika Serikat dan Australia di Indonesia dilansir harian New York Times dua hari lalu. Berdasarkan dokumen rahasia dari Edward Snowden, pada 2012 NSA pernah membuka akses bagi Australian Signals Directorate untuk memperoleh data hasil penyadapan

No comments:

Post a Comment