بِسْــــــــــــــــــمِ اﷲِالرَّحْمَنِ اارَّحِيم Rochmany's Blog: Toko Ganja di Colorado Diserbu Pembeli
Go Green

Clock Link

Sunday, January 5, 2014

Toko Ganja di Colorado Diserbu Pembeli


TEMPO.CO, Colorado - Untuk pertama kalinya industri ganja rekreasi di Amerika Serikat dibuka Rabu lalu di Colorado. Hingga hari ketiga setelah pembukaan, toko-toko penjual ganja masih dipadati pembeli.

Legalisasi dianggap merupakan alternatif yang lebih baik daripada perang mahal yang dipimpin AS terhadap narkoba. "Jujur, saya pikir saya tidak akan pernah melihat hari," kata Errin Reaume, yang berbagi ganja dengan rekannya dalam pesta bertema "Larangan Telah Berakhir" dengan mengambil gaya era 1920-an.

Sejak dilegalkan pekan lalu, toko ganja di kota ini tak pernah sepi pembeli. Antrean panjang terlihat di sebuat toko yang menjual ganja di Pueblo West.

Banyak pihak khawatir, legalisasi ganja akan membuat banyak remaja menjadi pecandu. Meskipun, kata mereka, batas usia minimum bagi konsumen dipatok pada usia 21 tahun.

Colorado menyetujui legalisasi ganja pada pengujung 2012. Negara bagian Washington segera menyusul, yang dijadwalkan akan dibuka pada pertengahan 2014. Uruguay mengeluarkan peraturan pada Desember untuk menjadi negara pertama yang melegalkan ganja.

Pendukung legalisasi ganja berpendapat, ganja akan menghasilkan pendapatan bagi negara dan menghemat uang dengan tidak harus memenjarakan begitu banyak pelanggarnya. Setidaknya kini ada 24 toko ganja di delapan kota di Colorado.

"Aku akan membingkai setruk pembelian ketika sampai di rumah, untuk dikenang," kata James Aaron Ramsey, yang menjalani hukuman penjara singkat karena memiliki ganja kurang dari satu tahun yang lalu dan pendukung utama legalisasi ganja.

Colorado menyiapkan segala sistemnya sebelum toko ganja pertama beroperasi. Mereka mendirikan sistem pelacakan untuk menjaga agar ganja tak lari ke pasar gelap. Selain itu, dibuat regulasi untuk mengatur pengemasan, pelabelan, dan persyaratan pengujian, bersama dengan batas maksimal konsumsi.

Ganja masih dianggap ilegal menurut hukum federal, tapi Departemen Kehakiman AS membuka delapan poin prioritas untuk regulasi ganja. Di antaranya, mewajibkan negara bagian untuk menjaga ganja jauh dari anak di bawah umur, kartel kriminal, dan properti federal.

No comments:

Post a Comment