بِسْــــــــــــــــــمِ اﷲِالرَّحْمَنِ اارَّحِيم Rochmany's Blog: Harga iPhone 5S dan 5C di Singapura dan Malaysia jauh lebih murah!
Go Green

Clock Link

Tuesday, January 28, 2014

Harga iPhone 5S dan 5C di Singapura dan Malaysia jauh lebih murah!


iPhone 5S dan 5C yang sangat ditunggu-tunggu sekarang tersedia di Indonesia, tapi pecinta gadget sudah paham bahwa membeli iPhone di negara tetangga Singapura dan Malaysia itu jauh lebih murah. Lihat tabel di bawah untuk mengerti seberapa lebih murahnya harga iPhone di kedua negara tersebut:


Dibanding harga di Singapura, iPhone 5S di Indonesia lebih mahal1Rp 1,1 juta sementara iPhone 5C lebih mahal Rp 600 ribu. Perbedaan harga jauh lebih gila lagi jika dibandingkan dengan Malaysia. iPhone 5S di Indonesia lebih mahal Rp 2 juta sedangkan iPhone 5C lebih mahal Rp 1,2 juta.


Fakta ini memberikan gambaran yang jelas, sehingga saya pikir menteri perdagangan kita tidak perlu heran mengapa banyak orang Indonesia lebih memilih membeli iPhone mereka di Singapura atau di Malaysia. Tidak hanya lebih murah, beberapa model handphone juga lebih dulu diluncurkan disana.
iPhone tampak sangat mahal dalam rupiah

Banyak orang di Indonesia juga terkejut akan tingginya harga iPhone 5S dan 5C. Versi unlockediPhone 5S kini dijual dengan harga Rp 10,5 juta atau sekitar 20 persen lebih mahal dari harga peluncuran iPhone 5 pada bulan Desember 2012. Apa yang terjadi? Jawabannya terletak pada melemahnya mata uang rupiah.


Tabel di bawah ini menunjukkan bahwa meskipun harga rupiah iPhone lebih mahal 20 persen, nilai dolar-nya tetap hampir sama. Pada bulan Desember 2012, USD 1 setara dengan Rp 9.360, tapi hari ini USD 1 setara dengan Rp 12.200. Nilainya menurun 30 persen dan merupakan mimpi buruk untuk semua pecinta gadget di Indonesia. Hal ini juga menjelaskan tingginya harga gadget lain di tanah air seperti Samsung Galaxy Note 3.


Harga iPhone 5S and 5C versi unlocked diambil dari Lazada Indonesia. Harga iPhone 5 versi unlockedpada Desember 2012 juga diambil dari sumber yang sama.

No comments:

Post a Comment