بِسْــــــــــــــــــمِ اﷲِالرَّحْمَنِ اارَّحِيم Rochmany's Blog: Google Beli Perusahaan Kecerdasan Rp 489 M
Go Green

Clock Link

Monday, January 27, 2014

Google Beli Perusahaan Kecerdasan Rp 489 M


TEMPO.CO , MOUNTAIN VIEW – Google Inc. mengakuisisi perusahaan swasta penyedia kecerdasan buatan (artificial intelligence) dari Inggris, DeepMind Technologies Ltd., Minggu waktu setempat. Sebuah sumber menyebut Direktur Utama Google, Larry Page memimpin kesepakatan itu sendiri.

Nilai akuisisi ini ada di kisaran US$ 400 juta (Rp 489 miliar) yang berarti akuisisi terbesar Google di Eropa saat ini. Juru Bicara Google menolak menyebutkan nilai pembelian. Sementara itu perwakilan DeepMind tidak bisa dihubungi untuk memberikan komentar.

Deepmind didirikan di London pada 2012 oleh Demis Hassabis, bersama dengan Shane Legg dan Mustafa Suleyman. Menurut situs resminya, DeepMind mengembangkan algoritma pembelajaran tujuan umum untuk aplikasi seperti simulasi, e-commerce dan games.

Selama setahun terakhir Google memperkuat lini teknologi dan menjauh dari bisnis utama mesin pencari dan iklan. Akuisisi yang dilakukan setahun terakhir terkait dengan robotika dan menjadi divisi Google X yang menjadi rumah bagi perusahaan yang tidak dapat dikategorikan di bawah bisnis yang ada. Google X antara lain bertanggung jawab atas proyek mobil yang bisa mengemudi sendiri.

Google baru-baru ini mengakuisisi Schaft inc., perusahaan Jepang yang mengkhususkan diri dalam robot Humanoid; Redwood Robotics, perusahaan yang berbasis di AS dan berurusan dengan senjata robotika; Boston Dynamics, perusahaan pembuat robot militer; dan Nest, perusahaan otomatisasi gadget dari Kanada. Nilai akuisisi Nest mencapai US$ 3,2 miliar.

No comments:

Post a Comment