بِسْــــــــــــــــــمِ اﷲِالرَّحْمَنِ اارَّحِيم Rochmany's Blog: BlackBerry Kini Bisa Jalankan Aplikasi Android
Go Green

Clock Link

Thursday, January 30, 2014

BlackBerry Kini Bisa Jalankan Aplikasi Android


TEMPO.CO , Denpasar:Ini kabar baik bagi pengguna BlackBerry yang ingin mencoba aplikasi dari platform lain. Update resmi untuk BlackBerry OS 10.2.1 yang bisa menjalankan aplikasi Android, resmi meluncur Rabu, 29 Januari 2014. Pengguna BlackBerry seri 10 di Tanah Air pun sudah bisa mengunduhnya.

"Kehadiran OS 10.2.1 ini akan mendukung aplikasi yang memang awalnya dibuat untuk Android," ujar Vice President Global Alliances and Blackberry Ecosystem di Denpasar, Bali, Selasa lalu.

Melalui sistem operasi versi teranyar ini, pengguna dapat menginstal fail aplikasi Android tanpa perlu melakukan konversi terlebih dahulu. Fail ini tidak hanya tersedia di Google Play, tetapi juga di toko online lainnya.



Mallick mengatakan tujuan BlackBerry menghadirkan OS 10.2.1 ini merupakan bagian dari pengembangan ekosistem. "Pengguna BlackBerry 10 kini bisa menggunakan aplikasi populer yang sebelumnya hanya ada di Android," kata dia. Menurutnya, salah satu aplikasi Android favorit yang sudah diuji melalui OS 10.2.1 adalah Flipboard.

Selain bisa menjalankan aplikasi Android, OS 10.2.1 juga menghadirkan penyempurnaan di sejumlah fiturnya. Berikut ini penyegaran yang dilakukan BlackBerry ada di sistem operasi tersebut.

Pertama adalah customized pinch gesture to filter BlackBerry hub yang memungkinkan pengguna mengakses notifikasi dalam satu wadah yang sama. Melalui hub, pengguna bisa mneyaring pesan serta mengatur pesan yang sudah dibaca (unread messages), pesan yang ditandai (flagged messages), dan pesan yang sudah dibuat (draft messages).



Kemudian fitur simplified feature experience, yaitu fitur untuk menerima panggilan dengan memberikan gerakan ke kiri layar. Sedangkan untuk mengabaikan panggilan, gerakan dilakukan ke kanan layar.

Untuk keamanan, BlackBerry menunjangnya dengan sistem password dengan kombinasi gambar dan angka nol sampai sembilan. Gambar dibuat dengan menempatkan di titik tertentu sesuai denan keinginan. Untuk membuka kunci, caranya dengan menyentuh layar dan angka yang menghubungkan titik yang ada pada gambar.

Adapun untuk mendukung hiburan, fitur baru yang hadir adalah FM radio yang memungkinkan adanya akses FM radio built-in. Mendengarkan radio melalui fitur ini tidak memerlukan koneksi internet.

BlackBerry OS 10.2.1 ini kompatibel digunakan di BlackBerry seri Q10, Q5, Z10, dan Z30.

No comments:

Post a Comment