بِسْــــــــــــــــــمِ اﷲِالرَّحْمَنِ اارَّحِيم Rochmany's Blog: Lagu-Lagu Ini Menggunakan Nama Perempuan
Go Green

Clock Link

Monday, December 16, 2013

Lagu-Lagu Ini Menggunakan Nama Perempuan


PENDAHULUAN

Bagi seorang musisi, inspirasi untuk membuat lagu bisa datang darimana saja. Mulai dari cerita percintaan, masalah sosial, alam, dan berbagai hal lain.

Salah satu inspirasi bagi seorang musisi dalam menciptakan lagu adalah perempuan. Iya, inspirasi dari seorang perempuan. Apalagi untuk lagu-lagu yang bertemakan kisah percintaan. Mulai dari jatuh cinta, hubungan percintaan, sampai kandasnya hubungan percintaan itu sendiri.

Ada lagu yang menceritakan sosok perempuan secara tersirat, lugas, bahkan ada beberapa lagu yang sampai memberikan judul lagu dengan nama seorang perempuan.


Mau tau lagu-lagu apa saja. Berikut langsung saja saya bahas...


Sephia – Sheila On 7

Untuk lagu yang satu ini sepertinya sudah banyak yang tahu, karena begitu terkenal di awal tahun 2000-an. Dengan petikan reff...”Selamat tidur kekasih gelapku... Sephia..”


Nadia – Ada Band

Menurut saya Ada Band adalah band yang konsisten menciptakan lagu bagus dengan kisah percintaan, salah satunya lagu "Nadia" ini. Tapi sayang, keluarnya beberapa personel membuat Ada Band sekarang seperti merubah bentuk musiknya.


Caffein - Tiara 

Bagi yang tumbuh dan besar di tahun 90-an pasti kenal dengan Caffein, terutama lewat Single mereka “Hidupmu Kan Damaikan Hatiku”. Dan lagu "Tiara" juga nggak kalah keren.


Isabella – Search 

Lagu ini merupakan salah satu lagu melayu yang populer di tahun 90-an, dibawakan oleh band Search dari Malaysia. Bahkan sempat dijadikan film yang diperankan oleh Amy Search dan Nia Zulkarnaen.


Dewi – Alexa


Band yang dimotori oleh Satrio ini juga mengeluarkan lagu “Dewi” yang dikemas apik secara akustik.


Kirana – Dewa 19

Bagi mereka para baladewa atau yang tumbuh di tahun 90-an pasti sudah nggak asing dengan lagu“Kirana” dari Dewa 19. Pada saat itu, Ari Lasso masih menjadi vokalis Dewa 19.



Amalia - Evo


Evo adalah band yang berisikan musisi yang keluar dari bandnya terdahulu. Lewat ajang pencarian vokalis di salah satu stasiun tv swasta, akhirnya band ini terbentuk dan merilis satu album dimana lagu “Amalia” merupakan salah satu di dalamnya.


Pergilan Adinda – Element

Yap, Element adalah band yang punya lagu bagus bertemakan cinta. Seperti lagu “Pergilah Adinda” ini. Setelah lama vakum, kabarnya Element dalam waktu dekat ini akan kembali meramaikan blantika musik Indonesia.


Angelie – Flanella

Flanella adalah band yang berasa dari Malang. Pada awal tahun 2000-an, lagu-lagu Flanella begitu sering diputar di radio-radio seperti “Bila Engkau”. Salah satu lagunya yang lain adalah “Angelie”.Waktu saya SMA, pas lagi galau atau patah hati paling demen nyepi di kamar sambil denger satu album lagunya Flanella.



Sally Sendiri – Peterpan


Pas acara launching album terbaru Peterpan, banyak pemberitaan bahwa kata Sally dalam lagu“Sally Sendiri” ini adalah singkatan dari Sarah Amalia, mantan istri Ariel. Benar atau salah, yang jelas saya lebih suka musik ketika mereka masih bernama Peterpan daripada Noah sekarang.


Perhatikan Rani – Sheila On 7

Lagu ini juga sempat populer ketika keluar. Dengan lirik awalnya... “Beranjak dewasa kakakku rani tercinta...” Sederhana, dan nyaman di telinga. Sheila On 7 memang keren dah...


Sheila – Dygta

Nah, ini juga salah satu band yang konsisten bikin lagu-lagu romantis. Mungkin anak-anak sekarang nggak kenal dengan band ini. Tapi buat kalian yang pengen ngerti sama Dygta terus lagi kangen juga sama seseorang, coba dengerin lagu mereka yang berjudul “Karena Ku Sayang Kamu.”


Lia, Lia, Lia – Sheila On 7


Lagi-lagi Sheila On 7 ngasih judul lagu dengan nama seorang perempuan. Setelah Sephia, Rani, dan sekarang Lia.



Lulu dan Siti – Tompi


Bagi penggemar musik jazz, pasti sudah nggak asing dengan Tompi. Yap, penyanyi yang juga seorang dokter ini memang piawai kalo sudah memainkan suara vokalnya. Dan “Lulu dan Siti”adalah salah satu lagu bagus dari dokter Tompi.


Camellia – Ebiet G Ade

Om Ebiet adalah musisi dengan suara khas yang sering menciptakan lagu menceritakan tentang alam dan kehidupan sosial. Lagu “Camellia” ini sendiri kalo nggak salah ada 4. Mulai “Camellia I”sampai “Camellia IV”


Yolanda – Kangen Band


“Kamu dimana?”
“Dengan siapa?”
“Semalam berbuat apa?”
“Yolanda...”

Cuma kangen band yang bisa merubah pertanyaan itu menjadi sebuah lagu. Nggak bisa dipungkiri, Kangen band adalah band fenomenal ketika pertama kali muncul. Dimana mereka belum dikenal, tapi bajakan lagunya sudah meledak dimana-mana. 


Dinda Dimana– Katon Bagaskara


Mas Katon adalah salah satu pentolan Kla Project. Lagu “Dinda Dimana” merupakan salah satu lagu yang popular di waktu itu. Sampai sekarang pun masih banyak dibawakan oleh penyanyi. Apalagi anak kos sambil main gitar di depan kamar…. “Dinda…dimana kah kau berada, rindu aku ingin jumpa… meski lewat nada…”


Ani – Rhoma Irama

Sebagai penyuka lagu-lagu Bang Haji, rasanya kok kurang kalo belum menyertakan lagu “Ani” ini. Fenomenal banget lah... namanya sama kek ibu negara kita sekarang. 


Selain dijadikan judul lagu secara langsung, ada beberapa lagu yang membahas nama seorang perempuan. 

Pandangi Langit Malam Ini – Jikustik (Putri)


Jikustik adalah band asal Jogja. Band yang menghasilkan lagu-lagu bagus di awal 2000-an. Tapi sayang, semenjak Mas Pongky nggak lagi bersama, Jikustik menjadi vakum lama

No comments:

Post a Comment