بِسْــــــــــــــــــمِ اﷲِالرَّحْمَنِ اارَّحِيم Rochmany's Blog: Hal Konyol yang Bisa Terjadi Saat Naik Angkutan Umum di Luar Negeri
Go Green

Clock Link

Monday, December 16, 2013

Hal Konyol yang Bisa Terjadi Saat Naik Angkutan Umum di Luar Negeri

Menggunakan kendaraan umum saat hendak pergi ke suatu tempat seharusya membuat seseorang bisa bersantai, duduk nyaman, dan menikmati pemandangan kota selama dalam perjalanan. Hal-hal di atas nyatanya bisa menguap pergi entah ke mana karena peristiwa-peristiwa konyol yang terjadi dalam kendaraan umum seperti bus atau kereta.


Tak jarang peristiwa konyol terjadi begitu saja dalam kendaraan umum. Jika sudah demikian, maka tak ada jalan lain bagi penumpang untuk terheran, menahan tawa, dan bersabar untuk tiba di tempat tujuan. Beberapa peristiwa berikut terbukti mampu membuat seseorang dari kaget sampai tertawa saking konyolnya. 


1. Celana melorot? Jaket tersingkap?


Coba perhatikan pria gemuk satu ini? Dari pengamatanmu manakah yang lebih tepat, celananya melorot atau jaketnya tersingkap? Yang pasti ia tak sadar paha dan pantatnya terekspos dengan jelas. Parahnya, si pria tak sadar juga bahwa penumpang di seberangnya sedang memotretnya. Ruang yang sempit di dalam bus seringkali membuat "kecelakaan" semacam ini terjadi.


2. Awas terguling!


Bus menjadi sarana transportasi yang paling diminati di banyak negara. Alasannya, selain karena murah, ruang yang disediakan pun terhitung luas. Oleh karenanya banyak orang rela antri dan berdesak-desakan masuk ke dalam bus demi mengejar ongkos murah tersebut. Orang rela untuk berjejalan selama perjalanan asalkan bisa naik ke atas bus. Jika menurutmu berdesakan itu sudah keterlaluan, beri komentar gambar yang satu ini!


3. Astaga! Kelakuan sopir ini


Di setiap kendaraan umum selalu ada larangan bagi penumpang untuk mengajak bicara sang pengemudi saat kendaraan melaju. Hal tersebut dilakukan supaya pengemudi berkonsentrasi penuh saat berkendara. Wajar saja, sebab ia membawa banyak penumpang. Pengemudi satu ini memang tak diajak ngobrol oleh penumpang, tapi ternyata ia enak membaca buku. Astaga! 


4. Ada ranjau darat



Eeww! Ada ranjau darat di lantai bus! Siapa yang begitu mual hingga muntah begitu banyak di dalam bus? Peristiwa semacam ini paling sering terjadi dalam bus-bus yang melalui jalan berkelok-kelok. Penumpang yang tak tahan langsung merasa mual dan bisa saja muntah bila tak kuat membendung rasa mual. Kalau hal tersebut sudah terjadi, penumpang lainnya hanya bisa sabar mengendus bau tak sedap yang menyebar di dalam bus. 


5. Banjir? Tak masalah


Banjir menjadi tamu rutin di kota-kota besar apabila musim hujan datang. Tak jarang, banjir tersebut terjadi begitu hebat hingga mencapai ketinggian tertentu, dalam hal ini airnya mampu masuk ke dalam bus dan merendam kursi-kursinya. Jika sudah demikian, maka penumpang di dalamnya harus turun dan berjalan kaki dalam genangan air banjir. Tapi tunggu dulu... beberapa warga nampaknya punya pemecahan untuk masalah satu itu. 


6. Anggap rumah sendiri


Namanya juga kendaraan umum, jadi setiap penumpang yang naik di atasnya punya hak yang sama untuk melakukan apa pun senyaman mungkin tanpa menganggu orang lain. Ibu yang satu ini sadar betul akan hal itu. Ia asyik saja memotongi kuku jari kakinya selama dalam perjalanan di dalam bus. Okelah ia tak akan mengganggu penumpang yang lain, tapi petugas kebersihan pasti jengkel dengan tingkah ibu satu ini. 


7. Ouch!


Pintu otomatis yang ada dalam setiap kendaraan umum memang memberi kemudahan para penumpang. Mereka tak perlu membuka kenop pintu saat hendak masuk atau keluar dari kendaraan. Hal ini sangat berguna terlebih bila barang bawaan yang dibawa begitu banyak. Tapi waspadalah, terkadang beberapa penumpang tak memperhatikan bahwa jeda waktu terbukanya pintu tak begitu lama. Wanita ini merasakannya.


8. Salah kostum


Kendaraan umum sering jadi pilihan untuk melakukan perjalanan jauh. Perjalanan antar kota, provinsi, atau bahkan negara bagian tentunya membutuhkan banyak waktu. Untuk membunuh waktu, para penumpang tentu memilih untuk beristirahat dan tidur. Sah saja sebenarnya untuk tidur dalam kendaraan umum, tapi bukan berarti harus tidur dengan menggunakan pakaian tidur seperti ini. 


9. Duh sempitnya


Seperti yang dibahas sebelumnya, ruang yang tersisa antara kursi yang satu dengan kursi yang lain dalam sebuah kendaraan umum tak begitu lebar. Sebuah bus dirancang agar memiliki kursi sebanyak mungkin untuk alasan keuntungan finansial dan efektivitas kendaraan. Nah, masalahnya ada beberapa penumpang yang fisiknya memang tak memungkinkan untuk dengan leluasa duduk di kursi. 


10. Telanjang di dalam bus


Di dalam bus, seseorang bisa saja bertemu dengan bermacam-macam orang. Mereka punya penampilan berbeda-beda dari yang modis sampai yang biasa saja. Akan tetapi tentunya seseorang bakal terheran saat ada seseorang yang hanya menggunakan celana dalam naik ke dalam bus. Apakah bajunya dicuri? Apakah ia baru saja pesta sampai mabuk berat? Pertanyaan semacam itu pasti langsung terbesit dalam benak seseorang. 


11. Binatang dalam bus


Apakah boleh membawa binatang ke dalam kendaraan umum? Tidak ada peraturan yang jelas mengatur mengenai hal tersebut. Oleh karenanya beberapa penumpang nekad saja membawa binatang mereka untuk naik ke atas kendaraan umum. Jika di Indonesia, seseorang bisa menemui penumpang yang membawa ayam, burung, anjing, kucing atau kelinci, di beberapa negara seperti Mongolia, penumbang bisa saja membawa keledai ke atas bus. 


12. Kondom 


Entah bagaimana reaksi penumpang yang menemukan kondom terikat di pegangan dalam sebuah bus ini. Yang pasti seseorang telah menggunakannya sebelumnya dan berbuat jahil dengan mengikatnya di sana. Kendaraan umum memang tak menjamin penumpangnya untuk bisa terbebas dari benda-benda kotor seperti ini. Beberapa benda kotor yang sering ditemui dalam kendaraan umum adalah puntung rokok dan permen karet.

No comments:

Post a Comment