بِسْــــــــــــــــــمِ اﷲِالرَّحْمَنِ اارَّحِيم Rochmany's Blog: 5 Manfaat Bawang Putih
Go Green

Clock Link

Friday, December 13, 2013

5 Manfaat Bawang Putih



KLIKDOKTER.com - Bawang Putih telah lama dikenal sebagai bahan makanan penyedap rasa dan penambah aroma makanan. Tidak semua menyukai baunya, namun konsumsi bawang putih dapat membantu kita menjaga kesehatan.

Diperlukan penelitian yang lebih jauh lagi untuk menegaskan efek kesehatan dari konsumsi bawang putih. Beberapa manfaat yang bisa didapatkan dari mengkonsumsi bawang putih, adalah:

Menurunkan tekanan darah tinggi
Pada beberapa penelitian, konsumsi bawang putih ternyata dapat menurunkan tekanan darahsebanyak 7-8% pada penderita tekanan darah tinggi (hipertensi). Bahkan pada mereka dengan tekanan darah normal, konsumsi bawang putih juga dapat menurunkan tekanan darah.


Mencegah pengerasan pembuluh darah
Konsumsi bawang putih dapat mengurangi efek pengerasan pembuluh darah yang sering terjadi dan meningkat seiring dengan bertambahnya usia seseorang. Dengan menjaga tekanan darah dan kesehatan pembuluh darah, maka bawang putih dapat berperan dalam melindungi jantung. Satu siung bawang putih setiap hari dapat membantu menjaga kesehatan jantung kita.


Mencegah kanker saluran pencernaan
Mengkonsumsi bawang putih juga nampaknya dapat melindung saluran cerna dari kanker usus besar, kanker rektal dan kanker lambung. Mengkonsumsi 1 siung bawang putih setiap hari dapat membantu mencegah terjadinya kanker saluran pencernaan.


Mencegah gigitan kutu
Para peneliti menemukan bahwa frekuensi gigitan kutu pada mereka yang mengkonsumsi bawang putih lebih banyak menjadi lebih sedikit daripada mereka yang tidak mengkonsumsi bawang putih.


Mengobati infeksi jamur
Pengobatan infeksi jamur dengan jel bawang putih memberikan hasil yang memuaskan seperti pada pengobatan infeksi jamur dengan obat-obat antijamur yang sudah ada.

Pada sebuah penelitian di Department of Family and Social Medicine, Albert Einstein College of Medicine of Yeshiva University, Bronx, New York ditemukan juga bahwa bawang putih memiliki efek antipembekuan darah. Untuk itu, sebaiknya bagi mereka yang akan menjalani prosedur operasi, menghentikan konsumsi bawang putih 7-10 hari sebelumnya.

Bagi Anda yang ingin mengetahui lebih jauh mengenai topik ini, silakan ajukan pertanyaan Anda di fitur Tanya Dokter Klikdokter.com di laman utama website kami.[](JF)

No comments:

Post a Comment