بِسْــــــــــــــــــمِ اﷲِالرَّحْمَنِ اارَّحِيم Rochmany's Blog: Polisi Berhasil Ungkap 3 Narkoba Jenis Baru
Go Green

Clock Link

Monday, November 11, 2013

Polisi Berhasil Ungkap 3 Narkoba Jenis Baru

3 Narkoba Jenis Baru Belum Terdaftar UUD Narkotika

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Direktorat Tindak Pidana Narkotika Bareskrim Polri berhasil mengungkap beberapa jenis narkoba baru seperti Methilon, Krathom dan LSD atau Smile, Phenethylamines serta golongan Piperazine atau dikenal jenis narkoba ektasi herbal.

"Jenis narkoba yang baru kita temukan dan juga sudah kita sita dari beberapa tersangka saat ini masih dalam penyidikan," kata Direktur Tindak Pidana Narkotika Bareskrim Mabes Polri, Brigjen Pol Arman Depari dalam konferensi pers di kantornya, Senin (11/11/2013).

Arman meminta masyarakat untuk lebih mewaspadai peredaran gelap narkoba jenis baru ini. Hal itu lantaran narkoba-narkoba ini berbentuk barang-barang yang tak berbahaya. Dia mencontohkan, LSD atau smile yang disita pihaknya berbentuk lembaran seperti kertas.

"Tapi ternyata ini golongan narkoba yang cukup bahaya. Pegunaannya sederhana, tapi reaksi yang ditimbulkan sama dengan narkotika, seperti menimbulkan halusinasi dan depresan," katanya.

Sementara metilon berbentuk seperti tablet yang jika dilihat secara fisik sama dengan tablet obat biasa. Begitu juga dengan Krathom yang berasal dari tumbuh-tumbuhan. Meski tergolong jarang digunakan, Krathom memiliki dampak yang sama seperti menggunakan narkotika jenis lain yaitu menimbulkan halusinasi, eforia, dan depresan.

"Dari tujuh yang dipublikasikan UN Police pada tahun 2013 ini, lima jenis sudah kita temukan di Indonesia, dan dua jenis lagi karena sifatnya sintetis jarang digunakan atau sudah tidak ada lagi di Indonesia," jelasnya.

Dikatakan Arman, sembilan tersangka ditangkap di tempat dan waktu yang berbeda. Tiga tersangka yakni dua perempuan berinisial Hany Michelle dan Jean serta DE ditangkap di Perumahan Mahkota Mas Blok 01 No 9 Tangerang, pada 4 Nopember pukul 22.00 WIB. Ketiganya dibekuk karena kedapatan mengedarkan narkoba jenis LSD dan narkoba jenis lainnya.

"Dari ketiga tersangka, kami menyita barang bukti berupa 43 gram shabu, timbangan digital, lembaran LSD dan handphone," jelasnya.

Sementara empat tersangka berinisial RD, PD, AN, dan GN dibekuk di Medan, Sumatera Utara pada 8 Nopember lalu. Dari para tersangka, polisi menyita 1.998 gram sabu, timbangan, belasan handphone, uang tunai Rp 11 juta, tujuh buku tabungan BCA, dan alat pres.

"Sabu ini diperoleh dari malaysia oleh tersangka Alay yang saat ini masih DPO dan diedarkan oleh tersangka RD, PD dan AN," katanya.

Dua tersangka lainnya yang juga turut dibekuk adalah warga Malaysia bernama Yong dan Bao. Keduanya ditangkap di Bandara Soekarno Hatta pada 6 Nopember lalu, saat menjadi kurir narkoba jenis sabu seberat 2 kg sabu dari Hongkong, menuju Jakarta.

No comments:

Post a Comment