بِسْــــــــــــــــــمِ اﷲِالرَّحْمَنِ اارَّحِيم Rochmany's Blog: Lukisan yang Dibuat Dari Jutaan Titik (Stippling)
Go Green

Clock Link

Wednesday, November 6, 2013

Lukisan yang Dibuat Dari Jutaan Titik (Stippling)

Hero, 2011.
Ukuran: 11" x 17"
Teknik: Stippling
Perantara: Tintah dan Kertas
Jumlah Titik: ≈ 3,2 Juta Titik







Miguel Endara namanya. Sseorang seniman edan dari Miami, Florida. Dengan teknik stippling (membuat gambar dengan titik-titik) karya-karyanya ini dibuat. Memberi titik satu persatu pada sebuah sketsa hingga menjadi sebuah gambar. Edannya lagi Gan, Miguel bisa menghitung titik yang diperlukan untuk sebuah gambar dengan cara mengalikan kecepatan rata2 stippling dengan jumlah waktu yang digunakan.

Gambar diatas adalah ayahnya Gan, dibuat tahun 2011. Kecintaan Miguel pada ayahnya bisa dilihat dari judul piece-nya Gan yaitu "Hero." Untuk menggambar ayahnya itu Miguel membutuhkan 3,2 juta titik. 

FAQ Tentang "Hero, 2011"
Bagaimana Anda menghitung semua titik?
Jumlah titik ditentukan dengan mengalikan kecepatan stippling rata-rata bagian ini, 4,25 titik per detik, dengan jumlah waktu yang dihabiskan, 210 jam. Itu berarti 3.213.000..

Berapa lama hal ini berlangsung?
Saya menempuh waktu tepatnya 210 jam hanya stippling, tapi butuh hampir satu tahun penuh untuk menyelesaikan dari awal sampai akhir.

Berapa banyak pena yang Anda gunakan?
Hanya satu! Pena yang saya gunakan adalah pena Sakura Pigma Micron (ukuran pena 005, 0,20 mm). Saya mempunyai banyak pena sebagai cadangan, tapi saya tidak pernah menggunakan salah satu dari mereka. Go Sakura!


Benjaman Kyle, 2012.
Ukuran: 20" x 15"
Teknik: Stippling
Perantara: Tintah dan Kertas
Jumlah Titik: ≈ 2,1 Juta Titik






Benjaman Kyle adalah nama samaran yang diadopsi oleh seorang pria yang memiliki amnesia disosiatif. Dia ditemukan tak sadarkan diri pada 31 Agustus 2004, dan diyakini berusia sekitar 64 tahun. Dia adalah satu-satunya warga Amerika secara resmi terdaftar sebagai hilang meskipun keberadaannya dikenal.

Sayakurang paham tentang Benjamin Kylen. Tapi sepertinya Miguel Endara sangat mengasihi Benjamin Kye, sampai-sampai di websitenya tepatnya di bawah display gambar Benjamin Kyle ada pernyataan:

"50% dari semua hasil dihasilkan melalui edisi terbatas ini akan didedikasikan untuk membantu Benjaman Kyle mengambil SSN baru dan untuk mendapatkan hidupnya kembali sebagaimana mestiya."


Karya Miguel Endara Dengan Teknik Stippling Lainnya

Lily With a Pearl Earring



Legacy

Ash



http://miguelendara.com/

No comments:

Post a Comment