بِسْــــــــــــــــــمِ اﷲِالرَّحْمَنِ اارَّحِيم Rochmany's Blog: 3 Trik Cegah Kehamilan dengan Sistem Kalender
Go Green

Clock Link

Saturday, November 2, 2013

3 Trik Cegah Kehamilan dengan Sistem Kalender

KLIKDOKTER.com – Kelebihan cara mencegah kehamilan dengan sistem kalender adalah tidak mengganggu kenikmatan bercinta dan juga bersifat alamiah tanpa efek samping. Berbeda dengan alat kontrasepsi umum lainnya yang memiliki efek samping tersendiri, belum lagi bercinta dengan kondom akan mengurangi kenikmatan.

Jika Anda hendak mencoba sistem kontrasepsi ini, maka tiga kiat berikut ini akan memudahkan Anda, antara lain:



Siklus Teratur
Pastikan pasangan dari pihak wanita memiliki siklus menstruasi yang teratur. Akan sangat riskan menerapkan sistem ini pada wanita yang tidak teratur siklus menstruasinya, karena perkiraan waktu terjadinya ovulasi akan sulit diprediksi.


Pantau Kondisi Suhu
Sesungguhnya proses ovulasi itu memiliki beberapa indikator yang dapat dipantau, misalnya pada saat ovulasi suhu tubuh wanita cenderung untuk meningkat sekitar 1 sampai 2 derajat celcius, karena itu ada baiknya bagi wanita yang hendak menerapkan metode ini untuk memantau suhu tubuhnya secara rutin dengan termometer digital, sehingga dapat mengetahui kapan terjadinya ovulasi. Selain itu sekarang ini banyak beredar dipasaran alat pemeriksa kesuburan yang dapat digunakan dengan mudah.


Lakukan dengan Bertanggung Jawab
Sangat dianjurkan teknik ini hanya dilakukan oleh pasangan tetap atau yang hanya bagi yang sudah menikah. Jika Anda menerapkan sistem ini pada pasangan tidak tetap, justru dampaknya lebih besar, antara lain seperti terkena syphilis, raja singa (gonorrheae), Chlamydia, atau bahkan HIV-AIDS serta penyakit menular seks lainnya.

Setiap metode pasti memiliki kelebihan dan kekurangan, demikian juga dengan sistem kalender.Kelebihan dari metode kontrasepsi ini adalah, karena sifatnya yang tidak menggunakan obat obatan maupun alat, maka sesungguhnya metode ini sangat alamiah, tidak memiliki efek samping, dan tentunya tidak akan menggangu kenikmatan bercinta bagi pasangan. Namun kekurangan dari sistem ini yakni sistem ini hanya dapat diterapkan bagi wanita wanita yang memiliki siklus haid yang teratur setiap bulannya.

Bagi Anda yang ingin mengetahui lebih jauh mengenai topik ini, silakan ajukan pertanyaan Anda di fitur Tanya Dokter Klikdokter.com di laman website kami.[](AK)

No comments:

Post a Comment