بِسْــــــــــــــــــمِ اﷲِالرَّحْمَنِ اارَّحِيم Rochmany's Blog: Secara Etik Mahfud tak Layak Masuk Majelis Kehormatan MK
Go Green

Clock Link

Sunday, October 6, 2013

Secara Etik Mahfud tak Layak Masuk Majelis Kehormatan MK

Secara Etik Mahfud tak Layak Masuk Majelis Kehormatan MK

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Pernyataan Jimly Asshiddiqie terkait kedekatan Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) Akil Mochtar dengan mantan Ketua MK Mahfud MD, perlu dijadikan perhatian. Khususnya, terkait pengangkatan Mahfud MD sebagai anggota Majelis Kehormatan MK.

"Saya sepakat dengan Jimmly, karena kedekatan Mahfud dan Akil, rasanya kurang tepat kalau Mahfud ikut dalam majelis kehormatan," ujar Erwin Natosmal Oemar, peneliti Indonesian Legal Roundtable, saat ditemui di Kantor YLBHI Jakarta, Minggu (6/10/2013).

Ada beberapa hal yang membuat Mahfud dirasa kurang tepat menjadi anggota Majelis Kehormatan MK, dalam menangani kasus dugaan suap yang melibatkan Akil. Salah satunya adalah ketika muncul laporan dugaan korupsi dari Refly Harun.

"Ketika Refly Harun melaporkan Akil, respons Mahfud malah defensif dan justru terkesan melindungi Akil. Itu kan sempat menjadi polemik saat itu," tuturnya.

Menurut Erwin, seharusnya Mahfud menyadari kedekatannya dengan Akil menjadikannya secara etis tidak layak berada di dalam Majelis Kehormatan, yang memutuskan nasib Akil di MK.

"Seharusnya Mahfud tahu diri, dia secara etik tidak layak dalam majelis kehormatan. Mestinya Mahfud mengundurkan diri," paparnya. (*)

No comments:

Post a Comment