بِسْــــــــــــــــــمِ اﷲِالرَّحْمَنِ اارَّحِيم Rochmany's Blog: Marc Marquez Divonis Satu Poin
Go Green

Clock Link

Friday, October 11, 2013

Marc Marquez Divonis Satu Poin


TRIBUNNEWS.COM - Pembalap Spanyol, Marc Marquez merasa lega, vonis hukuman telah dijatuhkan di Sepang. Dia hanya menanggung hukuman tambahan satu poin hukuman setelah sidang Pengarah Balapan terkait insiden kecelakaan yang dialami rekan setim, Dani Pedrosa di sirkuit Aragon, Kamis (10/10/2013).

Sidang digelar mulai jam 12 siang waktu setempat dan hanya berlangsung selama satu setengah jam. Sidang ini menghadirkan Marquez dengan Pedrosa hadir pula perwakilan dari tim Repsol Honda di sidang Pengarah Balapan tersebut.

Sehingga total poin hukuman yang dimiliki Marc Marquez sampai saat ini menjadi tiga. Poin ini bukan poin yang sudah diraih pembalap di klasemen, tetapi poin yang didapat oleh masing-masing pembalap yang diakumulasi karena melakukan kesalahan dalam balapan. Besar kecilnya poin ditentukan karena tingkat kesalahan yang dibuat pembalap.

Sehingga, keputusan yang hanya menjatuhkan hukuman satu poin tersebut sama sekali tak berpengaruh pada keunggulan Marquez di klasemen sementara pembalap. Dia masih unggul 39 poin dari rival terdekatnya dari Yamaha, Jorge Lorenzo.

Marquez juga terhindar dari segala bentuk hukuman tambahan. Karena mendapat hukuman satu poin saja dan total penalty poin mencapai tiga maka dia terhindar dari hukuman start di posisi paling belakang.

Sebelumnya, Marquez telah mendapatkan hukuman dua Poin Hukuman karena mengabaikan bendera kuning saat Cal Crutchlow terjatuh di sirkuit Silverstone.

Saat itu Marquez dinyatakan bersalah karena terus memacu kencang motornya hingga dia terjatuh dan motornya menghantam motor Cal Crutchlow. Beruntung Marquez sudah terhempas dari motor dan Cal Crutchlow dan para petugas marshal yang menolongnya segera menghindar.

Dengan sistem pemberian hukuman yang diterapkan di kompetisi MotoGP 2013, siapa pun pembalap yang mendapatkan akumulasi hukuman pengurangan empat poin maka dia mendapat sanksi lain berupa kewajiban memulai balapan dari posisi start paling belakang di balapan selanjutnya.

Bahkan jika mendapat hukuman pengurangan tujuh poin, seorang pembalap tidak mulai di grid paling belakang tapi dia harus mengawali balap dari area pitlane.

Sedangkan hukuman lebih berat lagi adalah hukuman larangan ikut satu seri balapan selanjutnya. Rider yang dilarang ikut balap satu seri balapan itu adalah mereka yang mendapatkan akumulasi pengurangan poin yang mencapai 10.

Sebelum digelarnya rangkaian kegiatan balap MotoGP Malaysia di Sepang, Marquez dan Pedrosa menjalani sidang terkait insiden sedikit kontak antara Marquez dengan Pedrosa yang membuat sistem traksi kontrol motor Pedrosa rusak.

Selain dapat hukuman satu Poin Hukuman buat Marquez, tim Repsol Honda juga dihukum atas insiden yang melibatkan dua pembalapnya di Aragon. Hukumannya adalah pengurangan 25 poin di klasemen konstruktor. Jumlah poin sebanyak itu adalah total poin yang diraih Marquez saat menang di sana.

Sebelum mendapat sanksi pengurangan poin, tim Honda unggul di puncak klasemen konstruktor dengan 316 poin, sedangkan Yamaha di posisi kedua dengan 290 poin.

Dengan pengurangan 25 poin tersebut, persaingan di klasemen konstruktor antara Yamaha dan Honda makin ketat. Beda poin antara Honda dan Yamaha hanya terpaut satu poin saja. Honda masih memimpin klasemen konstruktor dengan 291 sedangkan Yamaha 290.

No comments:

Post a Comment