بِسْــــــــــــــــــمِ اﷲِالرَّحْمَنِ اارَّحِيم Rochmany's Blog: Kenapa Tekanan Darah Saya Selalu Tinggi?
Go Green

Clock Link

Monday, October 28, 2013

Kenapa Tekanan Darah Saya Selalu Tinggi?


Tanya: Saya ingin bertanya tentang hipertensi. Saya berumur 21 tahun namun tekanan darah saya selalu berkisar di 140/100 sampai 160/140. Padahal saya tidak mengonsumsi makanan yang memicu darah tinggi dan rajin olahraga tapi ketika baru berjalan 5 menit saja saya sudah merasa pusing dan capek. Bagaimana caranya menormalkan tekanan darah? Jawab: Bila memang sudah diperiksa ulang berkali-kali dan berselang 2 minggu tekanan Anda selalu dalam rentang yang Anda sebutkan, maka Anda memang ada kondisi hipertensi. Olahraga tetap harus Anda teruskan, terutama olahraga yang bersifat aerobik seperti jogging, renang, atau bersepeda. Minimal 20 menit per hari, 4-5 kali per minggu. Bila terdapat kelebihan berat badan, maka usahakan untuk diturunkan sampai mencapai berat badan ideal.

Untuk makanan, batasi asupan garam dapur Anda hingga kurang dari 5-10 gram per hari. Berhenti merokok dan kelola stres dengan baik. Terakhir, Anda harus cek secara berkala ke dokter untuk diberikan pengobatan untuk kondisi tekanan darah tinggi. Biasanya pemakaian obat golongan ACE inhibitor seperti Captopril sudah disarankan pada kondisi hipertensi seperti yang Anda alami.


dr. Janfrional 

*** Punya pertanyaan seputar masalah kesehatan? Ajukan di www.MeetDoctor.com dan para dokter akan menjawabnya dalam waktu 24 jam.

No comments:

Post a Comment