بِسْــــــــــــــــــمِ اﷲِالرَّحْمَنِ اارَّحِيم Rochmany's Blog: Ini Modus Pembobolan BSM Bogor
Go Green

Clock Link

Thursday, October 24, 2013

Ini Modus Pembobolan BSM Bogor


TEMPO.CO , Jakarta - Kepala Divisi Humas Markas Besar Kepolisian RI, Inspektur Jenderal Ronnie Franky Sompie mengatakan, modus para tersangka dalam melakukan pembobolan adalah memalsukan data nasabah.

Menurut Ronny, data nasabah palsu itu kemudian diajukan kepada Bank Syariah Mandiri Bogor.

"Ketiga tersangka pejabat Bank Syariah Mandiri yang sudah ditangkap itu yang melakukan pemalsuan data," kata Ronny saat dihubungi Kamis, 24 Oktober 2013.

Selain ketiga tersangka, polisi kata Ronny, juga menangkap satu orang di luar Bank Mandiri bernama Ian Permana. Ian diduga berperan mengkoordinir nasabah yang mengajukan kredit, walaupun begitu Ronny mengatakan penyidik masih terus mendalami perannya. Menurut Ronny keempat tersangka itu hari ini sudah ditahan oleh kepolisian. 

Direktorat Tindak Pidana Ekonomi Khusus Badan Reserse Kriminal Kepolisian mengungkap kredit fiktif di Bank Syariah Mandiri Bogor. Selain Ian, kepolisian sebelumnya sudah menetapkan tiga orang pegawai Bank Syariah Mandiri sebagai tersangka. Mereka adalah Kepala Cabang Utama Bogor M. Agus, Kepala Cabang Pembantu Bogor Haerul Hermawan, dan Account Officer Cabang Pembantu Bogor John Lopulisa.

Ketiga tersangka diduga melakukan penyimpangan dalam pemberian fasilitas pembiayaan terhadap 197 nasabah. Besar kredit fiktifnya Rp 102 miliar dengan jumlah kerugian sekitar Rp 59 miliar.

No comments:

Post a Comment