بِسْــــــــــــــــــمِ اﷲِالرَّحْمَنِ اارَّحِيم Rochmany's Blog: Tamu Massif, Gunung Berapi Terbesar di Tata Surya Ditemukan
Go Green

Clock Link

Friday, September 6, 2013

Tamu Massif, Gunung Berapi Terbesar di Tata Surya Ditemukan


Paris (AFP/Antara) Para ahli geologi pada Kamis mengumumkan bahwa mereka menemukan sebuah gunung berapi raksasa yang merupakan gunung berapi terbesar di dunia dan bahkan menyaingi yang terbesar di Tata Surya.

Dinamai Tamu Massif, gunung itu adalah bagian dari Shatsky Rise, sebuah dataran tinggi dasar Pasifik yang terletak sekitar 1.600 kilometer dari Jepang timur, kata mereka. 

Gunung itu terdiri dari satu kubah bulat yang besar dalam bentuk sebuah perisai, terbentuk dari lava yang mengeras dari sebuah letusan sekitar 144 juta tahun yang lalu. Tamu Massif memiliki luas 310.000 kilometer persegi – sama dengan luas Britania dan Irlandia digabungkan – dan landai di atasnya pada ketinggian sekitar 3,5 kilometer di atas dasar laut.

€œTamu Massif adalah gunung berapi terbesar di dunia yang pernah ditemukan. Lapor para arkeolog dalam jurnal Nature Geoscience.


Luasnya hampir sama dengan Kepulauan Britania atau Olympus Mons di Mars, yang dianggap sebagai gunung berapi terbesar di Tata Surya.

Mereka menambahkan, walaupun Olympus Mons terlihat besar karena tingginya lebih dari 20 kilometer, volumenya hanya sekitar 25 persen lebih besar.

Para peneliti samudera sampai sekarang menduga bahwa Tamu Massif adalah sebuah sistem besar dari beberapa gunung berapi, suatu jenis yang ada di sekitar belasan lokasi di seluruh Bumi.(mu/ik)

No comments:

Post a Comment