بِسْــــــــــــــــــمِ اﷲِالرَّحْمَنِ اارَّحِيم Rochmany's Blog: Nasib PC akan Kian Suram pada Tahun 2017
Go Green

Clock Link

Friday, September 13, 2013

Nasib PC akan Kian Suram pada Tahun 2017


Mungkin Anda pernah mendengar tentang kematian pasar PC. Jika Anda pernah mendengarnya, mungkin ini saatnya untuk mencari tahu lebih dalam tentang hal itu. Permasalahannya bukan hanya karena maraknya tablet dan smartphone. Ketika Anda mempertimbangkan bagaimana harga smartphone atau tablet bisa jauh lebih rendah dengan komputasi yang sangat kuat, Anda mungkin bertanya-tanya bagaimana pasar PC bisa tetap relevan dengan pasar bisnis.

Saat ini IDC (International Data Corporation) memiliki sebuah perkiraan baru, yang menunjukkan bahwa pengiriman tablet akan melebihi PC pada kuartal keempat 2013. Berdasarkan pada basis tahunan, IDC saat ini memprediksikan bahwa tablet akan menggeser PC berdasarkan basis tahunan pada 2015.

IDC menunjukkan bahwa pasar perangkat koneksi pintar di seluruh dunia (gabungan PC, tablet dan smartphone) diperkirakan akan tumbuh sekitar 27,8 persen pada 2013 dibandingkan dengan 2012. Itu terdengar besar tapi sebenarnya berada di bawah 30,3 persen pertumbuhan yang terjadi pada 2012. Pendorong pertumbuhan tersebut adalah tablet dan smartphone, dan prospek PC turun hingga 10 persen untuk 2013.

Total nilai perangkat koneksi pintar di seluruh dunia diperkirakan akan tumbuh hingga 10,6 persen menjadi $622,4 miliar (sekitar Rp6,96 kuadriliun), dengan $423,1 miliar (sekitar Rp4,73 kuadriliun) berasal dari gabungan segmen subsmartphone seharga $350 (sekitar Rp3,9 juta) dan segmen subtablet $350 (sekitar Rp3,9 juta).

Sayangnya, untuk pembuat perangkat dan komponen, pertumbuhannya diperkirakan akan melambat hingga sekitar 3,1 persen pada 2017 dikarenakan smartphone murah dan pasar tablet dengan merek tidak terkenal. Satu kutipan yang tepat untuk menggambarkan hal tersebut: “Selama 12-18 bulan ke depan kami percaya bahwa smartphone yang lebih besar, umumnya disebut ‘phablet,’ akan mulai menggerus pasar tablet yang berukuran lebih kecil, berkontribusi terhadap tingkat pertumbuhan yang lebih rendah untuk tablet.”

Dell dan Hewlett-Packard menemukan diri mereka pada sebuah persimpangan jalan yang menarik. Keduanya tak benar-benar bermain di pasar smartphone. Tidak juga memiliki nama besar di pasar tablet. Jadi keduanya akan bersaing di pasar dekstop dan laptop, saat Lenovo, Acer dan lainnya mengerogoti dominasi mereka karena harga. Dell akan menjadi perusahaan tertutup (go private) sehingga akan menjadi kurang publik dan kurang transparan saat pihaknya berusaha untuk mendapatkan posisinya kembali, dan HP tidak cukup sukses hingga dikeluarkan dari salah satu tiga puluh saham DJIA (Dow Jones Industrial Average).

Kenyataannya adalah bahwa Microsoft juga menghadapi kendala besar, hal yang berlaku untuk siapa pun yang mengambil alih jabatan CEO Steve Balmer. Pertumbuhan pasar PC dekstop dari 2013 hingga 2017 diperkirakan akan menjadi merah di -8,4 persen, turun dari 134,4 juta unit pada tahun ini menjadi 123,11 juta unit pada 2017. Pasar dekstop didominasi oleh Microsoft. Pasar PC portabel, yang juga dihitung dalam sektor PC, juga didominasi oleh Microsoft dan IDC memperkirakan jumlah pengiriman untuk 2013 sebesar 180,9 juta unit akan naik 8,7 persen menjadi 196,6 juta unit pada 2017. 

IDC saat ini memperkirakan pengiriman global tablet akan mengalahkan pengiriman PC dan laptop yang dikombinasikan pada kuartal keempat 2013. Sementara pengiriman total PC masih akan melampaui pengiriman tablet untuk setahun penuh, IDC saat ini memperkirakan bahwa pengiriman tablet akan melampaui pengiriman total PC tahunan pada akhir 2015.

Pasar tablet membuka peluang besar bagi Apple dan Google. IDC memperkirakan bahwa pasar tablet akan tumbuh sekitar 78,9 persen dari 2013 pada 227,3 juta unit naik menjadi sekitar 406,8 juta unit pada 2017. Market share tersebut diperkirakan akan tumbuh dari 14,6 persen pada 2013 naik menjadi 16,5 persen pada 2017.

Cerita sebenarnya terletak pada pertumbuhan pasar smartphone. Pertumbuhan tersebut diperkirakan akan lebih dari 1,01 miliar unit pada 2013 dan tumbuh sekitar 71 persen menjadi 1,73 miliar unit pada 2017. Market share smartphone pada saat yang sama diperkirakan akan tumbuh menjadi 70,5 persen dibandingkan 65,1 persen.

Seperti tablet, pasar tersebut juga tengah dipenuhi persaingan Google dengan sistem operasi Android dan Apple yang mengusung iPhone. Apple ingin meningkatkan penjualan smartphone, namun platform Android Google dengan harga rendah menjadikannya juara. Bisa atau tidaknya Nokia membantu Microsoft mendapatkan traksi apa pun dengan smartphone Windows-nya masih harus dilihat. Hal tersebut masih menjadi tantangan lain bagi siapa pun yang mengambil alih kepemimpinan sebagai CEO Microsoft.

Di pasar smartphone, IDC melihat volume tinggi ini terus berlanjut. Grup tersebut memproyeksikan pengiriman smartphone akan menjadi sekitar 1,4 miliar unit pada 2015, mengisi 69 persen dari pasar global perangkat koneksi pintar. Sebagai pengingat, kebanyakan pengguna di pasar berkembang dan pasar maju yang menggunakan internet tidak memiliki komputer pribadi.

Kemungkinan risiko dan peluang terbesar adalah untuk perusahaan sejenis Intel. Intel mendominasi pasar PC selama beberapa tahun, namun mereka hampir sepenuhnya absen saat munculnya smartphone dan tablet. Raksasa prosesor tersebut saat ini membuat prosesornya cukup kecil dan spekulasi yang tepat untuk kombinasi panas dan listrik yang digunakan, namun Intel harus membuktikan diri dari pada berpuas diri dengan pasar PC dan server.

Juara sesungguhnya mungkin hanya ARM. ARM adalah fabless, dan mengeluarkan lisensi desainnya untuk prosesor. Untuk setiap smartphone yang dikirim, ARM mengumpulkan royalti dalam porsi besar dari unit yang dikirim. ARM sudah memiliki nilai sekitar $22 miliar (sekitar Rp246,9 triliun), tapi nilai itu kecil dibandingkan raksasa prosesor dan chip lainnya. Sejumlah pengamat melihat penjualan ARM meningkat sekitar 20 persen pada 2013 dan naik lagi 18 persen menjadi $1,3 miliar (sekitar Rp14,5 triliun) pada 2014.

Jika Anda melihat bagaimana dan mengapa muncul ekspektasi penurunan pada pentingnya PC, bukan kebetulan pasar hard disk-drive dan produsen media penyimpanan mulai mengakuisisi sejumlah perusahaan di pasar solid-state drive dan juga dalam rancangan sistem chip. Mereka sudah melihat tanda-tandanya.

Kita lihat apa yang akan terjadi.

No comments:

Post a Comment