بِسْــــــــــــــــــمِ اﷲِالرَّحْمَنِ اارَّحِيم Rochmany's Blog: Media Inggris: Kecelakaan Putri Diana 'Disengaja'
Go Green

Clock Link

Tuesday, August 20, 2013

Media Inggris: Kecelakaan Putri Diana 'Disengaja'


TEMPO.CO, London - Teori konspirasi seputar kematian Putri Diana dan kekasihnya, Dodi al Fayed, kembali menyeruak. Sebuah media Inggris melaporkan tuduhan bahwa pasangan itu mungkin telah dibunuh oleh pasukan khusus Inggris.

Diana, al Fayed, dan sopir mereka Henri Paul meninggal setelah mobil mereka mengalami kecelakaan pada tahun 1997. Hal ini dikuatkan dengan investigasi gabungan polisi Perancis dan Inggris yang menelan dana US$ 7 juta menyimpulkan bahwa insiden itu murni kecelakaan.

Namun, The Mirror mengklaim mereka diduga dibunuh dan fakta itu ditutup-tutupi selama bertahun-tahun.

Tuduhan ini muncul di pengadilan dalam kasus sersan Danny Nightingale, yang dinyatakan bersalah atas kepemilikan senjata ilegal. Di antara bukti yang diajukan di persidangan adalah surat dari seorang mantan tentara yang mengklaim bahwa SAS (Special Air Service) "berada di balik kematian Putri Diana."

Pada hari Sabtu, Scotland Yard mengatakan bahwa polisi Inggris sedang menyelidiki informasi baru yang muncul sehubungan dengan kematian Diana dan Al Fayed. Namun polisi menolak untuk mengatakan apa adanya informasi baru itu.

"Polisi tengh menilai relevansi dan kredibilitas laporan ini," kata pejabat Scotland Yard dalam sebuah pernyataan. Penilaian akan dilakukan oleh petugas dari unit kejahatan khusus. "Ini bukan investigasi ulang dan tidak berada di bawah Operasi Paget."

Operasi Paget adalah sandi untuk investigasi mengenai teori konspirasi seputar kematian Diana dan Al Fayed pada 1997.

Seorang juru bicara untuk Mohammad al Fayed, ayah Dodi Al Fayed, tak mau mengomentari informasi terbaru ini. "Al Fayed tidak berkomentar tapi mencatat pernyataan bahwa Polisi Metropolitan sedang menyelidiki," katanya. "Dia percaya bahwa penyelidikan mereka akan menyeluruh dan menunggu hasilnya dengan penuh perhatian."

Mohammad al Fayed telah lama mengklaim bahwa Diana dan putranya dibunuh. Namun ia tak memiliki bukti kuat terkait hal ini.

Mobil yang membawa pasangan ini melaju dengan kecepatan lebih dari 85 mil per jam ketika menghantam tiang beton di underpass Place D'Alma di Paris, pada 31 Agustus 1997. Keduanya tewas, bersama dengan sopir, Henri Paul yang kemudian terbukti telah berada di bawah pengaruh alkohol pada saat itu. Penyelidikan utama kematian Diana dilakukan pada 2007-2008, dan berakhir dengan simpulan "secara hukum bukan pembunuhan" dan "pengemudi terlalu lalai".

Mantan sekretaris pribadi Diana, Patrick Jephson, mengatakan informasi baru itu harus diselidiki. "Bayangkan jika seseorang datang dan berkata, aku punya bukti, bukti baru, tentang pembunuhan Kennedy, tentu tak akan dijawab, 'Oh, lupakan saja.' Ini jelas tidak benar. Harus diselidiki," kata Jephson.

Istana Buckingham menolak berkomentar dan Scotland Yard tidak merilis informasi apapun terkait hal ini.

No comments:

Post a Comment