بِسْــــــــــــــــــمِ اﷲِالرَّحْمَنِ اارَّحِيم Rochmany's Blog: Bunostegos, Hewan Sebelum Dinosaurus
Go Green

Clock Link

Friday, August 9, 2013

Bunostegos, Hewan Sebelum Dinosaurus

Banyak orang yang mengetahui jika kehidupan purba dulu hanya di huni oleh Dinosaurus faktanya sebanarnya ada hewan lain yang menguasai bumi seblumnya akhirnya punah dan digantikan oleh dinaosaurus. Dinosaurus merupakan hewan purba yang sudah banyak dikenal oleh banyak orang namun apa kamu tahu jika sebelum dinosaurus ada ternyata ada hewan lain yang hidup di bumi ini bahkan sudah menguasai bumi. Nah hewan purba ini adalah Bunostegos, hewan purba dengan badan yang penuh benjolan yang bentuknya hampir mirip seperti reptil, hampir seluruh tubuh hewan ini memiliki benjolan, ternyata benjolan yang ada pada hewan ini selain untuk bertahan ketika bertarung ternyata bisa untuk membedakan jenis kelamin hewan ini. Diperkirakaan hewan ini sudah hidup sejak 250 juta tahun lalu dan banyak hidup di derah gurun kering terutama di derah Niger Utara. “Bayangkan reptil berukuran sapi, memakan tanaman dengan tengkorak yang menonjol dan tulang lengan di punggungnya,” kata Linda Tsuji dari University of Washington, seperti dinukil ABCNews. Penemuan hewan sebelum dinosaurus ini sangat penting untuk mempelajari kepunahan masal yang mereka alami ketika ratusan juta tahun yang lalu.

Seekor reptil mirip sapi yang mungkin menjadi salah satu binatang paling jelek menjelajahi gurun terpencil sebelum zaman dinosaurus. Nama genus makhluk itu adalah bunostegos yang berarti 'penuh tonjolan' dan memberikan petunjuk untuk penampilannya.

Kira-kira seukuran sapi domestik, pemakan tumbuhan ini memiliki tonjolan-tonjolan bulat seperti tumor dari kepala, kulit perisai, dan punggungnya.

Fosil dari bunostegos berusia sekitar 260 juta tahun hidup pada era Permian, dan ditemukan di tempat yang sekarang adalah Niger bagian utara di Afrika.

Saat Bumi didominasi oleh benua tunggal yang disebut Pangea. Bunostegos tinggal di sebuah padang pasir terpencil di tengah Pangea dengan fauna yang unik.

Sebelumnya fosil sejenis ini telah digali yang juga memiliki seperti tonjolan-tonjolan pada tulang tengkoraknya, tetapi bunostegos yang baru-baru ini ditemukan adalah yang terbesar dan tonjolannya paling bulat yang pernah ditemukan.




No comments:

Post a Comment