بِسْــــــــــــــــــمِ اﷲِالرَّحْمَنِ اارَّحِيم Rochmany's Blog: 5 Alasan Soekarwo Menang Lagi di Pilkada Jatim
Go Green

Clock Link

Friday, August 30, 2013

5 Alasan Soekarwo Menang Lagi di Pilkada Jatim

5 Alasan Soekarwo Menang Lagi di Pilkada Jatim

TEMPO.CO, Surabaya--Pengamat politik Universitas Airlangga Surabaya Aribowo mengatakan ada lima faktor yang mempangaruhi Pasangan Calon Gubenur Soekarwo-Saifullah Yusuf (Karsa) menang dalam Pemilihan Gubenur (Pilgub) Jawa Timur. Hasil hitung cepat, Kamis 29 Agustus 2013, memang menunjukkan Soekarwo dan-Saifullah unggul.

Pertama, pasangan ini selama memimpin Jawa Timur mampu meningkatkan pertumbuhan ekonomi sebesar 7,3 persen. Angka ini, menurut Ariwibowo,sangat bagus dibandingkan dengan pertumbuhan ekonomi nasional.

Kedua, Karsa mampu menjaga stabilitas keamanan Jawa Timur selama lima tahun terahir. Dikatakan Aribowo, di Jawa Timur tidak ada konflik politik yang krusial yang muncul di permukaan. Soekarwo, kata Ariwibowo, mampu mengambil keptusan yang sangat cepat untuk menanganinya.

Ketiga, hubungan antar Soekarwo dan Saifullah Yusuf selama memimpin Jawa Timur sangat bagus dan terpelihara dengan baik. Sehingga kedua politisi ini tampak mesra dan akur di depan publik, hal ini berbeda dengan pasangan gubenur dan wakilnya di beberapa daerah yang ada di Indonesia.

Keempat, pasangan yang terkenal dengan kumisnya ini responsi terhadap keadaan Jawa Timur sangat tinggi, hal ini bisa dilihat ketika Jawa Timur dalam keadaan yang tidak stabil keduanya bisa bersikap tegas dalam menghadapi keadan-keadan itu. Aribowo mencotohkan, saat Jawa Timur diserang oleh daging impor, Soekarwo dengan tegas dan berani membuat aturan yang melarang daging impor masuk atau transit di Jawa Timur.

"Selain itu, ia juga berani membuat surat keputusan yang mengatakan Jamaah Ahmadiyah sesat di Jawa Timur. Ini yang tidak dimiliki oleh pasangan calon yang lain, sehingga masyarakat masih memilihnya," katanya.

Kelima, pasangan ini membina hubungan politik dengan partai-partai cukup bagus dan efekti selama menjadi penguasa di Jawa Timur ini. Hal ini bisa dilihat dari banyaknya partai yang mendukungnya maju menjadi calon gubenur. Menurut Aribowo tidak semua pemimpin mampu merangkul semua partai.

Saifullah Yusuf selama menjabat menjadi Wakil Gubenur, rajin menjalin komunikasi dengan tokoh-tokoh masyarakat termasuk kia-kia Nahdlatul Ulama (NU). "Ini adalah formulasi yang sangat bagus di tubuh Karsa," ujarnya.

No comments:

Post a Comment