بِسْــــــــــــــــــمِ اﷲِالرَّحْمَنِ اارَّحِيم Rochmany's Blog: Yarn Bombing, Seni Jalanan dengan Menggunakan Rajutan
Go Green

Clock Link

Sunday, July 14, 2013

Yarn Bombing, Seni Jalanan dengan Menggunakan Rajutan


Yarn bombing, guerilla knitting, urban knitting, atau graffiti knitting adalah salah satu bentuk seni jalanan atau grafiti dengan menggunakan rajutan. Seni jalanan ini dimulai beberapa tahun yang lalu sebagai bentuk ekspresi di ruang publik. Yarn Bombing biasanya dilakukan oleh kelompok atau individu. 

Pohon, sepeda, kotak telepon, mobil, patung, bahkan kendaraan militer telah di “bom” dengan benang berwarna-warni, bertekstur, sebuah karya seni yang dapat dilihat masyarakat publik. Saat ini Yarn Bombing telah menjadi sebuah pergerakan seni global. Awal gerakan ini pertama kali dikaitkan dengan Magda Sayeg dari Houston, AS. Ide ini pertama kali muncul ketika ia menutupi gagang pintu dengan rajutan yang ia buat.

Popularitas Yarn Bombing saat ini telah menyebar ke seluruh dunia dan mulai banyak bermunculan kelompok-kelompok seniman jalanan Yarn Bombing. Namun, seiring dengan kepopulerannya, Yarn Bombing justru dianggap illegal di beberapa negara karena merupakan suatu bentuk vandalisme.


http://www.wowkeren.com/

No comments:

Post a Comment