بِسْــــــــــــــــــمِ اﷲِالرَّحْمَنِ اارَّحِيم Rochmany's Blog: Indonesia di Siaran TV Luar Negeri
Go Green

Clock Link

Sunday, July 7, 2013

Indonesia di Siaran TV Luar Negeri



1. Amazing Race Indonesia - AXN


Ini mungkin salah satu acara berbau Indonesia yg paling populer gan. Inti acaranya adalah semacam race dari 1 titik ke titik yg lain, dengan setiap tantangan yang berbeda di setiap titik tersebut. Pesertanya bule2 asing gan, & kocak2 banget waktu mereka jalanin tantangannya. Acara ini pernah mengambil latar di Jogjakarta & Bali..


2. By Any Means - National Geographic


Acara yang di host-kan oleh Charley Boorman ini mengisahkan tentang perjalanannya keliling dunia dengan melewati sejumlah negara dan dengan menggunakan berbagai macam transportasi mulai dari yg modern hingga tradisional. Dengan tujuan akhir ke Australia via Indonesia, Charley memulai perjalanannya di Indonesia dari Aceh, hingga ke Lombok. Alat transportasinya aneh2 gan, mulai dari kapal bobrok sampe kereta sapi.. 


3. Bondi Rescue - Bali - National Geographic


Bondi Rescue ini mengisahkan tentang kisah para penjaga pantai Bondi beach di Australia, yang ditugaskan untuk menjadi penjaga pantai di pantai Kuta Bali, selama 1 - 2 bulan (ada 2 batch). Selain tukar ilmu & pengalaman, para penjaga pantai Bondi ini juga mempelajari kehidupan adat & kebiasaan orang2 Bali. Mereka salut kepada penjaga pantai Kuta yang dengan peralatan yang sangat minim, tapi tetep bersikap professional untuk mejaga keselamatan pengunjung pantai. Di hari terakhir tugasnya, penjaga pantai Kuta dihadiahi 1 kendaraan ATV & alat2 safety standar mereka gan. 


4. Dont tell my mother - Indonesia - National Geographic

Bagi yang suka acara2 ekstrim, pasti suka acara ini gan. Si hostnya; Diego Bunuel, berkunjung ke negara aneh2 (terutama ke negara2 konflik) seperti ke Afghanistan, Afrika, dll. Makanya acaranya dinamain 'Dont tell my mother'. Waktu itu dia ke Indonesia, pasca2nya Tsunami Aceh. Sempet liat2 bekas tsunami disana & ke tempat kapal tanker yg terdampar sampe ke kota itu.


5. Ultimate Traveler - National Geographic


Acara yang dikemas cukup menarik nih gan. Jadi para kontestan tujuan akhirnya adalah menjadi Traveler sejati, yang akan menangin uang 20.000 Pound. Mengambil latar di Indonesia, para peserta harus tinggal di daerah2 yang berbeda, dan bekerja sesuai adat disana serta harus mengesankan kepala desa setempat. Mereka mulai perjalanan dari Jakarta hingga tujuan akhir di Danau Kelimutu Flores. Lucu2 gan pengalamannya.. Contohnya mereka tidur di rumah Jagawana di Pulau Komodo, yang ternyata dibawah tempat tidur mereka ada Komodonya.. 


6. Street Food Around The World - National Geographic


Di program ini, hostnya si Anthony Bourdain jalan2 keliling dunia gan, untuk nyoba makanan2 khas negara tersebut. Tp bukan di resto2/cafe2 mahal, melainkan makanan pinggir jalan!


Waktu itu dia ke Indonesia, dan cobain makan2 di Jakarta. Ane lupa gan ke daerah mananya, tp yang jelas makanan yang paling sering disebut adalah Bakso & Sate ayam.. nyaammm.


7.Uncovered Indonesia - Animal Planet


Menurut ane gan, Indonesia mengisi kurang lebih 30-40% dari acara di Animal Planet.

Karena memang selain Afrika, kita adalah negara yang paling kaya sama keanekaragaman hayati. Yang paling sering dibahas tentang Indonesia disini adalah orangutan gan, setelah itu baru biota laut kita.


Tapi yang bikin sedih, pernah juga dibahas tentang pengrusakan hutan.


Makanya, ayo kita jaga bersama hutan kita gan, jangan dirusak! Biar Indonesia tetep jadi pelanggan setia di Animal Planet ini.


8.The Big Break - Asian Food Channel


Sebenernya acara ini nggak banyak peserta dari Indonesianya maupun latarnya di Indonesia. Tapi karena salah satu dari 2 jurinya adalah Farah Quinn, makanya ane masukin kedalem list gan. 

Konsepnya mirip sama Masterchef, dengan peserta anak2 dari Asia berumur belasan tahun, yang bersaing untuk mendapatkan gelar The Big Break. Tapi sayangnya, peserta dari Indonesia kalah di babak2 awal gan.

Itu dia gan, sebagian bukti dari Dominannya Indonesia di TV asing. Bukan di sembarang Channel kan gan, tapi di Channel yang sudah mendunia. Malaysia? Lewaaattt.. Coba aja liat gan seberapa sering sih mereka ada di Channel tersebut.

No comments:

Post a Comment