بِسْــــــــــــــــــمِ اﷲِالرَّحْمَنِ اارَّحِيم Rochmany's Blog: Begini Cara Jokowi Nilai Kinerja Camat-Lurah
Go Green

Clock Link

Sunday, July 7, 2013

Begini Cara Jokowi Nilai Kinerja Camat-Lurah

Begini Cara Jokowi Nilai Kinerja Camat-Lurah

TEMPO.CO, Jakarta - Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo alias Jokowi mengakui bahwa menangani birokrasi di Jakarta yang sudah terlanjur carut marut, bukan perkara gampang. Ia pun mengungkapkan bahwa sekarang ia sedang mempersiapkan cara baru untuk menilai kinerja bawahannya, terutama camat-lurah yang baru saja dilantik.

"Nanti akan saya buat yang namanya Indeks Kepuasan Masyarakat. Lewat itu, saya nilai kinerja camat lurah,"ujar Jokowi ketika memberikan kuliah umum soal kepemimpinan (leadership) di kantor pusat PGN (Perusahaan Gas Negara), Jl. Gadjah Mada, Jakarta Pusat.

Jokowi berkata, indeks kepuasan ini akan mengacu pada tingkat kepuasan masyarakat ketika dilayani camat-lurah di wilayahnya. Misalkan dalam sebulan, ada banyak konsumen yang mengaku tidak puas dengan pelayanan camat-lurah, maka posisi mereka akan dipertimbangkan kembali.

"Kalau tak memuaskan saya copot. Ini cuma modal masyarakat suka atau tidak suka kok,"ujarnya ringan. Model indeks ini, kata Jokowi, sudah ia terapkan di Solo.

Meski akan mengacu pada indeks, Jokowi menambahkan bahwa hasil sidak lapangan juga akan tetap menjadi pertimbangan. Jika nilai indeks dengan hasil sidak pas, maka pejabat terkait sudah sepantasnya dicopot.

"Yang penting, ukuran dalam mencopot atau mengganti orang itu jelas. Asal kalian tahu, yang ditakuti pejabat itu hanyalah kalau mereka diganti," ujar Jokowi terkekeh.

Ditanyai apakah dia tidak takut mendapat perlawanan, Jokowi mengaku tak takut. Ia berkata, kalau dirinya mendapat perlawanan, ia hanya perlu menjelaskan fakta temuannya.

"Kalau sakit hati ya jelasin aja. Saya sudah pernah dituntut bawahan ketika saya di Solo kok. Dan, saya tegaskan ke dia, saya enggak akan kalah," ujarnya tegas.

No comments:

Post a Comment