بِسْــــــــــــــــــمِ اﷲِالرَّحْمَنِ اارَّحِيم Rochmany's Blog: Yakinlah Apa yang Anda Lihat Ini
Go Green

Clock Link

Wednesday, June 12, 2013

Yakinlah Apa yang Anda Lihat Ini

Pada dasarnya manusia melihat warna berdasarkan 'konteks' munculnya perubahan warna tertentu sesuai dengan lingkungannya. Persepsi kita tentang warna dipengaruhi oleh lingkungan warna atau konteks bahkan berdasarkan pengalaman yang telah tersimpan di otak kita sebelumnya. Warna yang identik sama dapat dianggap sebagai dua atau lebih warna yang berbeda. persepsi seperti ini bahkan mengalahkan persepsi matematika (berdasarkan intensitas warna ataupun skala keabuan), meskipun sebenarnya persepsi otak kita yang salah.

Ilustrasi pada thread ini menunjukkan bagaimana sebenarnya persepsi manusia dalam memahami warna.

Ilusi-1: 
Percayakah anda kalau kedua warna pada kotak diatas dan dibawah pada gambar ini sebenarnya sama? bukankah terlihat bahwa kotak diatas lebih gelap dibanding kotak dibawahnya?


sebagai bukti, kalau kedua kotak memiliki warna yang sama coba tutup dengan jari anda bagian tengah dari gambar tersebut, atau klik spoiler dibawah untuk melihat hasilnya..


Pembuktian Ilusi-1: 
Setelah ditutup dengan kotak hitam dibagian tengah gambar (atau tutup dengan jari) barulah terlihat kalau sebenarnya kedua kotak diatas dan di bawah memiliki warna yang sama.

No comments:

Post a Comment