بِسْــــــــــــــــــمِ اﷲِالرَّحْمَنِ اارَّحِيم Rochmany's Blog: Billy Boen: Kiat Sukses Dalam BRANDING
Go Green

Clock Link

Tuesday, May 28, 2013

Billy Boen: Kiat Sukses Dalam BRANDING


Sudah ada 'ratusan' buku tentang branding. Jadi, saya ngga akan bahas tentang teori lagi di sini.. saya ingin ceritakan, 1 pengalaman saya tentang branding yang mungkin bisa menginspirasi kamu di sini.

Passion saya: brand management, dan saya kuliah brand management.. makanya, ketika saya menulis buku yang judulnya "Young On Top", saya sudah tahu bahwa ketika buku ini terbit, saya akan men-treat buku ini sebagai sebuah brand; bukan hanya sebuah buku. Maksudnya apa?

Ada ribuan naskah yang masuk ke berbagai penerbit setiap bulannya. Yang diterbitkan hanya ratusan. Berarti ada ribuan naskah yang tidak terbit setiap bulannya.
Kebanyakan dari penulis yang ada berpikir bahwa supaya bukunya laku, mereka harus menulis sebaik-baiknya. Setelah bukunya terbit dan ada di toko-toko buku, mereka tinggal berharap bukunya jadi best seller dan terjual dengan sendiri,.. mereka berharap mendapatkan royalti dari hasil penjualan bukunya.

Karena mindset seperti ini, saya pernah bertemu dengan seorang penulis buku yang menyalami saya dan bilang, "Mas Billy, saya juga penulis buku loh. Saya sudah nulis 13 buku!" Sejujurnya, dalam hati saya waktu itu bilang, "Wow. Tapi, kok buku-bukunya ngga ada yang pernah saya dengar ya?"

FYI, ketika buku "Young On Top" (YOT) terbit, buku YOT ini terbit bersamaan dengan buku seorang entrepreneur super terkenal. Tapi, buku dia ngga naik cetak lagi, buku YOT naik cetak 5 kali di 5 bulan pertama. Buku YOT berhasil menjadi buku laris di hampir seluruh toko buku di Indonesia selama 16 bulan berturut-turut sejak dirilis April 2009. Sekarang, buku YOT New Edition yang kembali diterbitkan di bulan Oktober 2012 lalu, masih ada di jajaran buku laris. Kok bisa?
Saya men-treat buku saya sebagai sebuah brand: Young On Top (YOT). Dikala penulis lain tidak mempromosikan bukunya, atau ketika mempromosikan bukunya masih 'inside the box' yaitu dengan bedah buku dari 1 toko buku ke toko buku lainnya, dihadiri sekitar 50-an orang, saya tidak melakukan itu sama sekali sejak buku saya terbit.
Yang saya lakukan: 

- Saya launching buku ini di Hard Rock Cafe dengan mengundang 50 orang sukses yang berkontribusi quote di buku saya. Acara ini diliput lebih dari 60 media (cetak, radio, tv, dan online).

- Saya talkshow di lebih dari 11 radio di Jakarta sesaat buku ini dilaunching.

- Saya membuat YOT Campus Roadshow, 2 jam saya bicara tentang pengalaman saya sebagai seorang top executive dan entrepreneur. YOTCR ini dihadiri sekitar 200 - 1000 orang/kampus

- Saya buat YOT Live di radio, ini adalah program mingguan di radio yang berjalan selama 3 tahun. Sekarang sedang disiapkan konsep barunya..

- Saya buat YOT Mentorship Program, sebuah free mentorship program untuk anak-anak mahasiswa selama 1 tahun penuh, dan sekarang sudah memasuki batch ke-4

- Saya buat YOT menjadi sebuah program mingguan di Metro Tv, reach jutaan pemirsa setiap minggunya. Ini sudah berjalan lebih dari 1 tahun terakhir.

- Saya buat YOT digital networks, yang meliputi www.youngontop.com facebook.com/youngontopYOT, dan twitter @youngontop. Saya juga membuat forum YOTKC (Young On Top Kaskus Community) dimana Agan bisa membaca tulisan-tulisan saya

- Saya membuat Semangat Baru with YOT di Koran Sindo yang mana tulisan saya sebanyak 1/2 halaman koran terbit setiap hari Jumat sejak Maret 2013 lalu

- Saya buat YOT Academy, sebuah pelatihan leadership untuk para eksekutif muda (orang yang sudah lulus kuliah)

- Saya menulis beberapa buku yang masih berhubungan dengan YOT: TOP Words 1 & 2 (akan terbit bersamaan dengan YOT National Conference tgl 28 Juni), dan Hidupkan Suksesmu. Saya juga membuat para YOT Campus Ambassador menjadi penulis buku "YOT Campus Ambassador". Tahun ini buku "YOT Mentors" juga akan diterbitkan.

Dengan semua yang saya lakukan ini, jangan heran kalau penjualan buku ini masih terus 'kencang' di semua toko buku. Saya selalu bilang, saya ngga ngarep kaya dari royalti buku. Saya juga selalu bilang, kalau ada Agan yang kurang mampu, cukup ke toko buku.. baca buku YOT (ngga usah beli), karena pasti ada yang sudah dibuka dari plastiknya.

Kiat sukses dalam branding? Be creative! Lakukan yang orang lain ngga kepikiran.. hal-hal simple!

See you ON TOP!


Billy Boen

CEO, PT. YOT Nusantara

Shareholder, Rolling Stone Cafe Jakarta

Director, PT. Jakarta International Management (JIM)


@billyboen

facebook.com/billyboenYOT

www.youngontop.com

No comments:

Post a Comment