بِسْــــــــــــــــــمِ اﷲِالرَّحْمَنِ اارَّحِيم Rochmany's Blog: Kunjungan ke Manhattan Cavern Subway, Grand Central Station, NY
Go Green

Clock Link

Wednesday, April 10, 2013

Kunjungan ke Manhattan Cavern Subway, Grand Central Station, NY



Manhattan Cavern, NY. Cavern ini berada di bawah subway station termegah di NY, yaitu Grand Central Station. Cavern adalah istilah lubang bukaan bawah tanah yg biasanya digunakan untuk subway station. Semoga bisa membuat agan2 termotivasi 

Grand Central Station 





Struktur hidup (live structure) dibawah Grand Central Station:



Struktur tsb sudah berada disitu sejak stasiun ini pertama kali dibuat tahun 1800an. Struktur inilah yg menyangga beban Grand Central Station 20 m diatas nya



Terowongan ini berdiameter 22 m. Terdiri dari 2 tingkat. Masing2 tingkat terdiri dari 2 (paralel) terowongan KA (listrik) berdiameter 7 m.





Design awal



Cavern ini adalah sebagai terminal penghubung Long Islang, Queens, dan Manhattan. Hampir 500rb orang per hari diperkirakan akan mengunakan terminal ini.




Karena 2 tingkat, cavern ini dibuat 1 tingkat per 1 tingkat. Setiap tingkat nya terdiri dari 2 tunnel parallel yg berdiameter sekitar 7 m.



Pillar di antara 2 tunnel nantinya akan diledakkan. Lalu atapnya disangga menggunakan beton bertulang. Alat untuk ngecor nya gede banget gan dan berbentuk lengkungan.




Bagian yg berwarna kuning adalah lapisan anti air.


Setelah 1 tingkat selesai, level dibawah nya kemudian digali dengan metode yg sama, dipisahkan oleh ketebalan batuan 3 m.




Jadinya seperti ini gan (total diameter 22 m)



Oh ya, setiap tunnel di gali menggunakan alat bor bernama tunnel boring machine. Yg digunakan di Manhattan cavern ada double shield hard rock TBM.




Konstruksi eskalator menuju train tracks





Shaft (untuk ventilasi, lift passengers, dll





Pipa untuk dewatering



Rockbolts (sekitar 6 m rebar rockbolts)



Logistics menuju cavern (20 m dibawah tanah) diangkut menggunakan kereta


Nah di sisi Queens nya digali juga 3 subway yg nantinya jalurnya akan bertemu di Manhattan Cavern ini. Diameter nya sama2 22 ft juga dan digali menggunakan TBM. Subway yg tengah adalah bagian paling depan dari TBM tapi dilihat dari belakang.





Nah ini adalah tumpukan ring yg dipakai sebagai tunnel lining. Beratnya mencapai 2.5 ton per piece.



Setelah tunnel lining dipakai




Nilai project ini adalah $8 billion. 

No comments:

Post a Comment